24/01/2014 15:26:01

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) (bahasa medisnya disebut Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Penyakit ini banyak ditemukan didaerah tropis seperti Asia Tenggara, India, Brazil, Amerika termasuk di seluruh pelosok Indonesia. Kecuali di tempat-tempat yang ketinggiannya lebih dari 1000 meter di atas permukaan air laut. 

Dokter dan tenaga kesehatan lainnya seperti Bidan dan Pak Mantri seringkali salah dalam melakukan diagnosa, karena gejala - gejala awal DBD seringkali menyerupai penyakit lain seperti Flu dan Tipes (Typhoid). Agar tidak tertipu dengan gejalanya, berikut ini Dokcil mau memberi tahu tanda - tanda penyakit DBD, yaitu: 

Masa tunas / inkubasi selama 3 - 15 hari sejak seseorang terserang virus dengue, Selanjutnya penderita akan menampakkan berbagai tanda dan gejala demam berdarah sebagai berikut : 

1. Pada pemeriksaan uji torniquet, tampak adanya jentik (puspura) perdarahan.

2. Demam tinggi yang mendadak 2-7 hari (38 - 40 derajat Celsius).

3. Adanya bentuk perdarahan dikelopak mata bagian dalam (konjungtiva), Mimisan (Epitaksis), Buang air besar dengan kotoran (Peaces) berupa lendir bercampur darah (Melena), dan lain-lainnya.

4. Terjadi pembesaran hati (Hepatomegali).

5. Tekanan darah menurun sehingga menyebabkan syok.

6. Pada pemeriksaan laboratorium (darah) hari ke 3 - 7 terjadi penurunan trombosit dibawah 100.000/mm3 (Trombositopeni), terjadi peningkatan nilai Hematokrit diatas 20% dari nilai normal (Hemokonsentrasi).

7. Timbulnya beberapa gejala klinik yang menyertai seperti mual, muntah, penurunan nafsu makan (anoreksia), sakit perut, diare, menggigil, kejang dan sakit kepala.

8. Mengalami perdarahan pada hidung (mimisan) dan gusi.

9. Demam yang dirasakan penderita menyebabkan keluhan pegal/sakit pada persendian.

10. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit akibat pecahnya pembuluh darah.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)