27/05/2020 11:22:09
Info Kesehatan

Ingin Anak Anda Tumbuh Tinggi? Yuk, Simak 7 Cara Alami Berikut Ini!

Foto: Internet/Ilustrasi

Postur tubuh anak memang sangat dipengaruhi oleh gen. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya faktor, lho. Ada faktor eksternal yang juga berperan penting dalam menentukan tinggi tubuh anak. Apa saja?


Banyak orang tua mengharapkan anak-anaknya memiliki tinggi tubuh yang ideal. Tinggi tubuh seringkali dianggap sebagai parameter tanda kesehatan. Jika tumbuh kembangnya baik, diyakini tanda kesehatan anak juga baik.

Bagaimana caranya agar anak bisa tumbuh tinggi dan sehat? Berikut 7 cara alami yang bisa membantu anak tumbuh tinggi seperti dilansir dari Times of India:

1. Diet seimbang

Cara terbaik untuk memastikan bahwa anak mencapai ketinggian maksimal adalah dengan memastikan bahwa ia mendapat nutrisi yang tepat. Diet seimbang harus merupakan campuran dari protein, karbohidrat, lemak dan vitamin dalam proporsi yang benar. Pastikan juga anak-anak menjauhi junk food dan minuman gula. Sesekali tidak apa-apa tapi jangan sampai mengonsumsinya setiap hari.

2. Latihan peregangan

Latihan peregangan sederhana dapat berdampak besar pada tinggi badan anak. Mengajari anak beberapa latihan sederhana sejak usia muda akan memudahkan proses pertumbuhan tinggi badan mereka. Peregangan membantu memperpanjang tulang belakang dan memperbaiki postur anak

3. Menggantung

Menggantung juga membantu memanjangkan tulang belakang, yang merupakan bagian penting agar tubuh bisa menjadi lebih tinggi.

4. Yoga

Latihan yoga melibatkan banyak peregangan dan keseimbangan, yang keduanya bagus untuk tinggi badan anak. Buat anak melakukan yoga asana seperti surya namaskar, chakra asana, dan pose pohon. Cobalah untuk melakukan pose bersama dengan anak sehingga dia bisa mendapatkan inspirasi dari orang tuanya.

5. Lompat tali

Lompat tali adalah latihan yang menyenangkan yang rasanya seperti permainan untuk anak-anak. Latihan ini bekerja pada seluruh tubuh termasuk jantung dan menambah tinggi badan. Seluruh tubuh membentang sambil melewatkan tali, yang mempromosikan pertumbuhan vertikal anak. Ini juga merupakan latihan kardio yang luar biasa, yang membantu menjaga anak aktif dan sehat.

6. Berenang

Berenang adalah olahraga sehat dan menyenangkan yang dapat membantu pertumbuhan anak secara keseluruhan. Selain itu, olahraga ini juga merupakan latihan yang bekerja pada semua otot tubuh. Berenang juga melibatkan banyak peregangan, yang memperkuat tulang belakang dan meningkatkan ketinggian.

7. Tidur cukup

Tidur nyenyak tidak hanya penting untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Orang tua harus memastikan bahwa anak tidur 8 jam setiap malam agar tetap sehat dan tumbuh kuat. 

Nah, Sobat Dokcil, ketujuh cara alami ini terbilang cukup mudah dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Jadi, selagi anak masih dalam proses tumbuh kembang, alangkah baiknya jika sebagai orang tua, Anda mulai menjadwalkan beberapa cara tersebut dengan rutin. Selamat mencoba! (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ingin Anak Anda Tumbuh Tinggi? Yuk, Simak 7 Cara Alami Berikut Ini!