24/01/2014 15:26:01

Jalan-jalan dengan Kereta Batik

Batik bukan hanya ada di kain, sekarang kita bisa menemukan motif batik di mana saja, termasuk di kereta.

 

Nah, motif batik di kereta ini merupakan ide dari PT Kereta Api Indonesia atau PTKAI. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2011, ternyata kereta batik ini mendapat sambutan positif dari para penumpangnya.

 

Ada dua gerbong bermotif batik yang disambungkan dengan KA Sancaka dan KA Gajayana. Untuk KA Sancaka dengan jalur Surabaya-Jogjakarta, motif yang dipilih adalah motif Batik Lasem, khas Madura. Oleh karena itu, motif batik KA Sancaka didominasi oleh warna merah, putih, dan biru.

 

Sementara untuk KA Gajayana dengan jalur Malang-Gambir, terdapat motif Bekisar dan Truntum yang menjadi motif batik khas pesisir. Berbeda dengan KA Sancaka, gerbong ini didominasi oleh warna ungu dan putih. Ternyata, bukan hanya sisi luar kereta saja yang dibatik, melainkan juga sisi dalam kereta. Tidak heran, jika interior gerbong ini pun dilengkapi dengan motif batik yang cantik.

 

Karena saking cantiknya, tidak hanya penumpang yang ingin makan saja yang datang ke gerbong ini. Banyak penumpang yang datang hanya untuk melihat atau bahkan berfoto di gerbong.

 

Nah sobat dokterkecil.com, bagi yang ingin jalan-jalan kita bisa naik kereta batik ini lho. Selain cantik, naik kereta batik juga dapat menambah kecintaan dan kepedulian terhadap budaya Indonesia.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Jalan-jalan dengan Kereta Batik