26/06/2020 11:39:52
Info Kesehatan

Heboh Jamur Enoki Sebabkan Infeksi Listeria, Penyakit Apa Itu?

Foto: Internet/Ilustrasi

Belakangan ini perhatian publik tersita oleh ditariknya jamur enoki asal Korea Selatan dari peredaran karena bisa menyebabkan keracunan akibat infeksi bakteri Listeria. Apa itu bakteri Listeria dan seberapa besar bahayanya?


Seperti dilansir dari Alo Dokter, Listeria adalah infeksi bakteri akibat keracunan makanan. Infeksi ini tidak berbahaya pada individu yang sehat, namun bisa berbahaya pada wanita hamil, lansia, dan orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Jika terinfeksi bakteri ini, gejala yang muncul pada individu biasanya mual, diare, demam, dan nyeri otot. Gejala tersebut akan muncul beberapa hari setelah penderita mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria. Bahkan, pada sebagian kasus, gejala bisa muncul beberapa bulan kemudian.

Selain itu, infeksi Listeria bisa menyebar ke sistem saraf, terutama pada anak kecil, lansia, dan individu dengan sistem kekebalan yang lemah. Pada kelompok orang tersebut, gejala yang muncul bisa berupa kejang, leher kaku, sakit kepala, dan hilang keseimbangan.

Sementara pada ibu hamil, meski hanya mengalami gejala ringan, tetap memiliki risiko fatal terhadap bayi dalam kandungannya. Misalnya, keguguran, bayi lahir mati, kelahiran prematur, dan infeksi pada bayi baru lahir.

Listeria disebabkan oleh infeksi bakteri Listeria monocytogenes yang hidup di air, tanah, dan kotoran hewan. Bakteri ini bisa menginfeksi manusia melalui berbagai cara, seperti:

-Konsumsi sayuran mentah yang berasal dari tanah yang terkontaminasi bakteri.

-Konsumsi susu yang tidak di pasteurisasi atau makanan yang dibuat dari susu tanpa pasteurisasi.

-Konsumsi daging hewan yang tercemar bakteri.

-Produk makanan kemasan yang terkontaminasi setelah proses produksi.

-Pada bayi yang masih berada dalam kandungan, bisa tertular dari ibu yang terinfeksi bakteri

Lalu, bagaimana dengan bakteri Listeria pada jamur enoki? Seperti diberitakan, pada 11 Maret lalu, jamur enoki yang mengandung bakteri Listeria menyebabkan empat orang meninggal dunia dan 30 orang lainnya dirawat di rumah sakit Amerika Serikat. Bakteri Listeria monocytogenes (L. monocytogenes) itu disebutkan terdapat pada jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, LTD asal Korea Selatan.

Laman resmi Centers of Disease Control and Prevention (CDC) AS menyebutkan pihaknya telah menarik jamur enoki dari perusahaan tersebut usai ditemukannya bakteri L. monocytogenes. Atas kasus tersebut, Kementerian Pertanian RI akan memperketat pemeriksaan jamur enoki yang masuk ke Indonesia.

Bisa mati jika dimasak dengan benar

Dokter Ahli Gizi Komunitas dan Magister Filsafat, Dr dr Tan Shot Yen, M.Hum, menyebutkan bahwa langkah yang dilakukan oleh Kementan baik untuk mencegah wabah menularnya penyakit Listeria. ’’Ini lebih pada pencegahan wabah menularnya Listeria ke sumber pangan lain. Jadi itu tindakan preventif melindungi produk, ” tutur Tan seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia menjelaskan, bakteri L. monocytogenes akan mati jika dimasak dengan benar. Yaitu dengan suhu mulai dari 75 derajat Celcius. ’’Sekitar 75-80 derajat Celcius sudah mati, apalagi jika dimasak sampai matang dengan suhu 100 derajat Celcius,” ujarnya menambahkan.

Tan menyebutkan bahwa pada dasarnya tidak semua makanan harus dimasak sampai matang, karena zat gizi terutama antioksidan akan hilang. ’’Tapi mencegah infeksi penyakit yang ditularkan lewat makanan seperti Listeria ini memang membuat kita kembali ke PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat),” tuturnya.

Bakteri L. monocytogenes, lanjut Tan, tak hanya ditemukan pada jamur enoki. Bakteri ini sering ditemukan sebagai kontaminan pada makanan yang tidak dimasak atau dimakan begitu saja seperti keju, produk susu, dan sosis.

Selain memasak dengan benar, Tan juga menyarankan untuk cuci tangan dan mencuci bahan makanan dengan seksama. ’’Bedanya kalau cuci tangan pakai sabun, cuci sayur dan buah cukup dengan air mengalir. Jangan lupa, bilas dengan air matang,” ucapnya menegaskan. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Heboh Jamur Enoki Sebabkan Infeksi Listeria, Penyakit Apa Itu?