02/07/2020 11:40:24
Info Kesehatan

Ini yang Harus Diperhatikan saat Imunisasi Ditengah Pandemi Covid-19

Foto: Internet/Ilustrasi

Ditengah pandemi Covid-19, imunisasi pada anak terutama yang berusia di bawah 18 bulan, harus terus dilakukan sesuai jadwal. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat membawa anak untuk imunisasi agar aman dari risiko paparan Covid-19?


Menurut dokter spesialis anak dari RSPI Bintaro Jaya, Caessar Pronocitro, dalam melakukan vaksinasi ada panduan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Pertama, pengaturan jadwal kedatangan untuk menghindari kepadatan anak atau orang tua saat menunggu.

’’Orangtua bisa datang ke lokasi beberapa menit sebelum jadwal dan bisa menunggu di dalam mobil,” ujar Caessar dalam webinar vaksinasi RSPI Bintaro Jaya, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Selain itu, ada proses skrining gejala atau kontak dengan individu yang terdiagnosis Covid-19 untuk ditangani khusus. Anak yang sakit juga akan dipisahkan dengan anak yang sehat di poliklinik yang berbeda.

Pengaturan jarak juga harus dilakukan selama proses menunggu. Pihak poliklinik harus menyediakan hand sanitizer atau area cuci tangan.

’’Lokasi vaksinasi yang lebih kecil tidak menjamin risiko lebih rendah. Terpenting orang tua harus aktif mencari informasi apakah lokasi vaksinasi menerapkan panduan IDAI serta penggunaan alat pelindung diri (APD) dan disinfeksi rutin yang sesuai standar,” katanya.

Ia mengingatkan, penundaan atau penghentian vaksinasi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit pada bayi dan anak, seperti difteri, pertusis, hepatitis B, campak, dan lain-lain. (*)

 

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ini yang Harus Diperhatikan saat Imunisasi Ditengah Pandemi Covid-19