22/07/2020 11:32:09
Parenting

Tips Membentuk Karakter Tangguh pada Anak Ditengah Pandemi Corona

Foto: Internet/Ilustrasi

Dampak pandemi corona jenis SARS-CoV-2 atau Covid-19 begitu terasa di semua lini kehidupan, termasuk anak-anak. Kendati demikian, orang tua harus tetap semangat memberikan dukungan pada anak sehingga terbentuk karakter tangguh pada mereka. Seperti apa?

Hingga saat ini, para ahli belum bisa memastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Alhasil, pembatasan aktivitas pun tetap harus dijalani baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Lalu, bagaimana caranya membentuk karakter tangguh pada anak ditengah pandemi? Berikut beberapa tipsnya seperti dilansir dari huffpost.com.

1. Dorong anak pecahkan masalah sendiri

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak. Akan tetapi, jangan terlalu memanjakan mereka dengan selalu memberikan bantuan. Jika anak mengalami kesulitan atau masalah, misalnya dalam mengerjakan tugas sekolah yang dilakukan secara daring, jangan lantas orang tua yang menyelesaikannya. Dorong anak untuk memecahkan masalah dengan cara mereka sendiri. Jikapun mereka gagal, berikan dukungan moral agar anak tetap mendapatkan rasa percaya diri dan belajar bangkit dari kesalahan.

2. Melatih emosi anak

Dengan berusaha memecahkan masalah sendiri, anak akan merasakan emosinya. Nah, daripada langsung turun tangan menyelesaikan masalah mereka, jauh lebih baik jika orang tua berperan sebagai sahabat yang mau mendengarkan dan menyemangati mereka. Dengan demikian, anak akan tetap merasa nyaman untuk memegang kendali, terus berusaha, dan tidak melarikan diri. Anak akan semakin tangguh secara emosional, percaya diri, dan mudah beradaptasi.

3. Dorong anak mengungkapkan perasaan

Tangguh bukan berarti harus hebat dalam semua hal. Tangguh juga berarti memperhatikan perasaan yang muncul dan jujur mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, orang tua perlu mendorong anak untuk mengungkapkan perasaan mereka. Bantu mereka mengidentifikasikan perasaan tersebut, dan membuktikannya. Jenis komunikasi seperti ini akan membuat hubunganmu dengan anak semakin kuat.

4. Ajari anak bertanggung jawab pada diri sendiri

Ditengah pandemi Covid-19, anak perlu diajari untuk bertanggung jawab pada diri sendiri, terutama dalam menerapkan protokol kesehatan.  Selalu ingatkan mereka untuk social distancing dan mengenakan masker. Cara ini akan mengembangkan cara berpikir anak untuk menyelesaikan masalah, merasakan perasaan mereka, dan memiliki kontrol yang lebih baik.

5. Beri contoh

Sikap tangguh juga harus diperlihatkan oleh orang tua. Tunjukkan cara menghadapi tantangan, merasakan frustasi saat menghadapinya, dan cara menyelesaikannya. Dengan demikian, anak bisa melihat bahwa orang tua mereka tidak mudah putus asa dan memicu mereka melakukan hal serupa.

Ingat, ketangguhan harus menjadi sikap yang berkelanjutan. Perhatikan perubahan perilaku anak dari waktu ke waktu. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional jika diperlukan.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Parenting: Tips Membentuk Karakter Tangguh pada Anak Ditengah Pandemi Corona