24/01/2014 15:26:01

Serabi Solo

Sobat dokterkecil.com, jika jalan-jalan ke kota Solo jangan lupa mencicipi serabi Solo. Serabi adalah jajanan khas yang terbuat dari tepung beras, dicampur dengan santan kelapa dan gula. Serabi Solo rasanya nikmat, guruh dan sedikit manis.

 

Serabi Solo yang memiliki bentuk melebar pada bagian pinggir, bila disantap saat masih hangat dibagian pinggirnya terasa renyah. Bagian tengah yaitu inti serabi yang rasanya gurih dan lembut.

 

Serabi Solo memiliki dua jenis rasa, yakni polos dan berisi. Serabi polos disajikan tanpa tambahan di bagian tengahnya. Berbeda dengan serabi berisi di bagian tengahnya memiliki taburan berbagai rasa seperti cokelat, keju, maupun aneka buah.

 

Pembuatan serabi sendiri ada yang menggunakan arang dan gas. Soal rasa, dua-duanya memiliki citarasa yang sama enak. Jika masak serabi menggunakan arang lebih wangi da nada gosong sedikit di pinggirannya. Sedangkan memasak menggunakan gas, serabi lebih putih dan cenderung basah.

 

Kue serabi paling enak dinikmati dalam keadaan hangat, tapi kalau pun sudah dingin rasanya juga tidak jauh berbeda, asalkan belum melewati batas waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

 

Biasanya kue serabi sebelum dimasukkan ke dalam kemasan kardus kecil, terlebih dahulu digulung dan dibungkus menggunakan daun pisang. Harga serabi tidak mahal, untuk serabi polos harganya Rp.1.800, dan untuk yang cokelat harganya Rp.2.000.

 

Nah sobat dokterkecil.com, hayoo siapa yang mau mencicipi serabi Solo… ternyata makanan ini tidak hanya ada di Solo saja, di Jakarta juga sudah ada lho…  

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Serabi Solo