18/09/2020 09:49:19
Info Kesehatan

Buang Rasa Takut, Begini Cara Donor Darah yang Aman Ditengah Pandemi Covid-19

Foto: Internet/Ilustrasi

Di masa pandemi Covid-19 banyak orang takut keluar rumah, bahkan untuk berdonor darah. Lalu, bagaimana caranya agar kita tetap aman untuk mendonorkan darah?

Sejak pandemi Covid-19 melanda, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) semakin menipis. Padahal, PMI setidaknya membutuhkan 5 juta kantong darah untuk memenuhi kebutuhan nasional setiap tahunnya.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, dalam perayaan secara virtual HUT Ke-75 PMI, Kamis (17/9), mengatakan, pandemi Covid-19 membuat ketersediaan kantong darah PMI menjadi menurun.

”Gambarannya, dibutuhkan sekitar 2 persen dari jumlah penduduk Indonesia untuk menjadi pendonor per tahun,” katanya seperti dilansir dari Kompas.id.

Jadi, tetap menjadi pejuang kemanusiaan dengan secara rutin mendonorkan darah. Berikut hal harus diperhatikan sebelum berdonor darah sebagaimana dilansir dari Matranews.id:

- Menjaga kebersihan pernafasan dengan baik. Misalnya, jangan batuk atau bersin secara sembarangan. Tetap pakai masker Anda atau gunakan siku Anda untuk batuk atau bersin.

- Kebersihan tangan harus diperhatikan dengan benar. Pastikan untuk mencuci atau membersihkan tangan dengan benar sesuai langkah cuci tangan yang sudah diinformasikan pemerintah.

- Membersihkan dan mensterilkan permukaan benda yang paling banyak disentuh. Pakailah tisu atau sapu tangan sebagai alternatif lain.

- Jagalah jarak minimal dua meter ketika sedang antri menunggu giliran mendonorkan darah, termasuk di ruang tunggu dan area pengumpulan darah.

- Pastikan Anda mengikuti semua prosedur yang ditentukan oleh rumah sakit atau PMI.

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda dan orang sekitar tetap aman selama proses menyumbangkan darah. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menyumbangkan darah.

Tetaplah memakai masker dan jangan menyentuh wajah atau bagian luar masker. Kalaupun akan menyentuh wajah, cuci tangan Anda terlebih dulu atau setelah menyentuh sisi luar masker secara tidak sengaja.

Ketika Anda kembali ke rumah, ganti dan cuci semua pakaian yang digunakan ketika mendonorkan darah. Kalau perlu mandilah sekalian untuk memastikan kebersihan anggota tubuh Anda. Mandi menggunakan air panas dapat membantu menghindari infeksi hidung. Setelah mandi konsumsilah minuman hangat seperti teh atau jamu yang sudah diracik untuk meningkatkan kekebalan Anda. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Buang Rasa Takut, Begini Cara Donor Darah yang Aman Ditengah Pandemi Covid-19