24/01/2014 15:26:01

Sayuran untuk Kesehatan Mata

Sobat dokterkecil.com, mata merupakan indera pengelihatan yang sangat penting karena tanpa mata kita tidak bisa melihat cakrawala dunia. Nah, agar mata sehat dan bercahaya kita harus mencegah penyakit serta menunda pemakaian kacamata, dengan mengkonsumsi beragam buah dan sayuran yang berwarna merah, kuning, hijau.

 

Selain vitamin A, mata perlu zat gizi lain, seperti:

Lutein dan Zeaksantin

Lutein dan zeaksantin merupakan nutrisi penyehat mata dan mampu mengurangi risiko penyakit mata kronis, termasuk katarak. Gizi lutein antara lain cabai, paprika kuning, manga, bayam, brokoli, sawi. Sedangkan zeaksantin dapat diperoleh dari paprika jingga, brokoli, jagung, bayam, jeruk, dan telur.

 

Vitamin C

Vitamin C dapat menurunkan risiko terjadinya katarak serta memperlambat ketajaman visual. Vitamin C terdapat pada jambu biji, jeruk, bayam, pisang, apel, tomat, brokoli, stroberi, kiwi, blewah.

 

Vitamin E

Vitamin E dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber vitamin E antara lain: kacang almon, ubi jalar, bayam, sawi, pepaya.

 

Asam lemak esensial

Asam lemak esensial membantu memelihara system saraf, serta meningkatkan imun. Omega-3 penting untuk perkembangan visual dan fungsi retina. Sumber Omega-3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan bilis, sarden, kedelai, dan tahu.

 

Sulfur

Sulfur dapat membantu menjaga lensa mata tetap kuat. Kandungan sulfur tedapat pada bawang putih dan kol.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Sayuran untuk Kesehatan Mata