16/10/2020 15:23:07
Info Kesehatan

Tips Praktis Menyiapkan Menu Sehat untuk Keluarga di Akhir Pekan

Foto: Internet/Ilustrasi

Ditengah pandemi seperti saat ini, alangkah baiknya kebiasaan makan di luar bersama keluarga saat akhir pekan, dihentikan dulu. Gantinya, Anda dan keluarga bisa meracik menu sehat tanpa harus ribet. Seperti apa?

Berikut adalah inspirasi untuk menciptakan makanan sehat dan praktis untuk seluruh anggota keluarga tanpa perlu berlama-lama di dapur yang bisa menjadi referensi:

Atur rencana

Sebelum memutuskan akan memasak apa, sebaiknya Anda rencanakan dulu sebelumnya. Dengan demikian, Anda tidak kebingungan menu apa saja yang harus dimasak. Idealnya, rencanakan kegiatan ini 2-3 hari sebelum akhir pekan tiba.

Catat kebutuhan

Jangan lupa untuk mencatat kebutuhan belanja Anda; pastikan selalu ada bahan makanan yang bisa diolah di kulkas, seperti telur, pasta, daging irisan tumis atau cincang, susu, dll. Siapkan makanan yang bisa disiapkan terlebih dulu ketika akhir pekan. Misalnya: untuk memasak Spaghetti bolognaise, Anda bisa merebus pasta dalam jumlah banyak dan simpan di kulkas

Pilih bahan makanan berkualitas

Pilih bahan makanan berkualitas tinggi yang mudah diolah. Contohnya untuk daging pilihlah daging sapi yang empuk alami dan tidak memerlukan waktu lama untuk diolah. Olahan dari daging sapi seringkali ditinggalkan oleh para ibu karena membutuhkan waktu memasak yang panjang, padahal pilihan daging sapi yang tepat akan menghemat waktu memasak. Pilih daging sapi berkualitas, seperti daging sapi Australia yang lembut dan empuk.

Daging giling atau daging yang diiris tipis seperti daging sukiyaki juga bisa dipilih ketika waktu memasak tak banyak. Kedua daging ini mudah diolah dalam waktu cepat. Jangan lupa, daging memiliki salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan anak, yakni zat besi.

Selain pada daging, zat besi juga ditemukan pada sayuran seperti bayam. Nah, karena itu, pastikan bahan makanan yang Anda pilih berkualitas tinggi dan segar. (*)

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Praktis Menyiapkan Menu Sehat untuk Keluarga di Akhir Pekan