27/10/2020 10:58:39
Info Kesehatan

7 Obat Alami untuk Mengatasi Infeksi Jamur

Foto: Kunyit menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi jamur kulit (Ilustrasi: Internet).

Jamur kulit bisa menyerang area mana saja dari mulai kulit kepala hingga area sensitif di sekitar selangkangan. Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan obat jamur berbahan kimia dari apotik, kenapa tidak coba yang alami terlebih dahulu?

Di negara tropis seperti Indonesia, ketika musim hujan suhu udara justru akan naik. Makanya, kita jadi sering merasa gerah. Karena sering berkeringat itulah kulit tubuh kita menjadi lembap dan berpotensi tumbuh jamur, terutama anak-anak.

Beberapa jenis penyakit kulit akibat jamur yang biasa menyerang di antaranya kadas, kurap, ruam, hingga panu. Berikut adalah 7 obat alami yang bisa mengatasi infeksi jamur seperti dilansir dari beberapa sumber:

1. Kunyit

Kunyit sudah lama dikenal sebagai bahan alami antiradang, antijamur, dan juga antibakteri. Semua manfaat itu diperoleh dari kandungan senyawa kurkumin yang terdapat di dalam kunyit. Penggunaan kunyit sebagai obat jamur kulit juga sangat mudah yaitu kamu hanya perlu menumbuk kunyit hingga halus dan berbentuk seperti pasta.

Oleskan pada kulit kemudian biarkan hingga kering. Setelah itu baru dibilas sampai bersih. Agar bisa menjalankan pengobatan ini secara rutin setiap hari, bukanlah lebih enak kalau menanam kunyit sendiri?

2. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat kulit alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit pada anak-anak maupun orang dewasa. Di dalamnya terdapat agen antiseptik alami yang berguna untuk membasmi jamur, virus, hingga bakteri.

Penggunaan lidah buaya juga sangat mudah dan tak membahayakan karena menghasilkan sensasi dingin pada kulit. Cara menggunakannya cukup mudah karena kamu bisa langsung mengoleskan potongan gel lidah buaya pada kulit yang terserang jamur.

3. Cuka Apel

Obat jamur kulit berikutnya yaitu cuka apel yang telah terbukti secara medis memiliki kandungan senyawa anti jamur yang kuat. Salah satu senyawa tersebut yaitu asam malat yang memiliki fungsi antibakteri sekaligus berguna juga membasmi jamur di kulit. Cara pakai cuka apel sangat mudah yaitu cukup dengan mengoleskan beberapa tetes cuka apel pada area kulit yang terkena jamur.

4.Minyak Kelapa

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai obat jamur kulit dan pasti mudah ditemukan di rumah yaitu minyak kelapa. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa minyak kelapa mampu mengobati infeksi kulit ringan hingga sedang yang diakibatkan oleh serangan jamur kulit hingga jamur kuku.

Penggunaannya pun sangat mudah, kamu bisa menggunakan minyak kelapa yang telah dihangatkan untuk kemudian dioleskan di area kulit yang terinfeksi agar segera sembuh.

5. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh (tea tree oil) juga memiliki kandungan antijamur dan antibakteri di dalamnya sehingga sangat bagus untuk dijadikan obat pembasmi jamur kulit. Ada beberapa cara pengobatan jamur kulit menggunakan minyak pohon teh yang bisa dicoba. Salah satunya yaitu dengan mengoleskannya langsung menggunakan kapas ke area kulit yang terinfeksi jamur.

6. Minyak Oregano

Minyak oregano diyakini sebagai obat jamur alami yang sangat ampuh karene mengandung dua senyawa antijamur kuat, thymol, dan carvacrol. Beberapa orang bahkan lebih percaya menghilangkan jamur kulitnya menggunakan minyak oregano dibandingkan bahan lainnya. Kamu bisa menggunakan minyak oregano seperti minyak lainnya, yaitu dengan cara dioleskan langsung menggunakan kapas ke area kulit terinfeksi.

7. Bawang Putih

Obat jamur alami yang terakhir juga sangat mudah didapatkan dan pasti dimiliki oleh setiap orang yaitu bawang putih. Bawang putih dipercaya berkhasiat untuk melawan berbagai bakteri kulit semisal , Candida, Cryptococcus, dan Torulopsis. Kamu bisa menggunakan potongan bawang putih yang langsung dioleskan ke area kulit yang terinfeksi agar mempercepat proses penyembuhannya.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 7 Obat Alami untuk Mengatasi Infeksi Jamur