10/12/2020 15:50:38
Info Kesehatan

Anak Benci Makan Sayur? Begini Cara Menyiasatinya

Foto: Ilustrasi/Youtube

Kebanyakan anak-anak tidak suka bahkan benci makan sayur. Meski begitu, kita tetap harus mendorong mereka untuk mengonsumsi sayur terlebih ditengah pandemic Covid-19 seperti sekarang ini. Bagaimana caranya?

Seperti diketahui, sayur sangat penting untuk tubuh anak. Kandungan yang ada di dalam sayur yaitu vitamin berguna untuk tumbuh dan kembang anak sejak usia dini.

Sayur juga memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan dan serat untuk melancarkan saluran pencernaan anak.

’’Dimasa pandemi covid-19 penting untuk meningkatkan imun tubuh, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan mempunyai manfaat bagi tubuh,’’ kata Kushandari Arfanidewi pada acara Workshop Healthy Food For Kids via zoom sebagai dilansir dari PopMama.

Berkut adalah tips agar anak mau makan sayur:

1. Menjadi contoh untuk anak

Seorang anak mudah untuk meniru apa saja yang dilakukan oleh orang yang disekitarnya termasuk mama dan papa. Oleh karena itu, orang tua harus terlebih dahulu menyukai buah dan sayur. Ketika makan bersama, orang tua bisa memakan sayur di depan anak agar melihat bahwa orangtuanya menyukai dan memakan sayur. Jika sudah terbiasa melihat orang tuanya makan sayur, anak biasanya mau ikut mencoba.

2. Bercerita manfaat sayur melalui sebuah dongeng

Jangan lupa, anak lebih suka untuk diceritakan tentang dongeng daripada disuruh untuk makan sayur. Anda bisa menceritakan tentang pahlawan-pahlawan sehat yang salah satunya wortel. Wortel merupakan pahlawan yang membawa vitamin A untuk membuat mata menjadi sehat dan terhindar dari pemakaian kaca mata.

3. Mengajak anak untuk memasak bersama

Ketika memasak bersama anak, Anda bisa memperkenalkan sayur apa saja yang hendak dimasak. Dengan mengajaknya untuk masak bareng, anak akan tertarik dengan sayur karena ia melihat sendiri prosesnya. Anak juga akan lebih menghargai dan memakan sayuran yang telah dibuat.

4. Mengkombinasikan sayur dengan makanan kesukaannya

Setiap anak tentu memiliki makanan kesukaan yang ingin dikonsumsi secara terus-menerus. ’’Salah satu cara agar anak mau makan sayur yaitu membuat camilan yang bisa di mix and match menjadi makanan yang sehat dan berkalori, contohnya lemper tuna sayur,’’ ujar Kushandari Arfanidewi.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukannya, apabila anak menyukai masakan telur, Mama bisa menaruh sayur seperti daun bawang atau wortel ke dalam telur tersebut.

5. Jangan memaksa anak

Terkadang ketika melihat anak tidak mau atau susah untuk makan sayur, Anda pasti bawaannya kesal dan ingin marah. Tak jarang pula ada yang memaksa anak untuk makan sayur.

Jika Anda berlaku seperti itu, anak akan semakin tidak mau dan dapat mempunyai trauma dengan berbagai jenis sayuran. Sebagai orang tua, Anda harus sabar dalam menghadapi anak yang susah untuk makan sayur. Seiring berjalannya waktu, pasti anak mau makan sayur, kok.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Anak Benci Makan Sayur? Begini Cara Menyiasatinya