12/01/2021 10:00:25
Info Kesehatan

Anak Positif Covid-19? Jangan Panik, Begini Cara Merawatnya di Rumah

Foto: Ilustrasi/Internet

Orang tua mana yang tidak sedih ketika buah hati mereka terkonfirmasi positif Covid-19, terlebih jika anak masih berusia di bawah 1 tahun. Mau dekat-dekat pun tidak bisa karena harus mulai berjaga jarak.

Biasanya, dokter akan menyarankan pasie untuk dirawat secara mandiri di rumah, khususnya jika gejala Covid-19 masih tergolong ringan. Lalu, bagaimana cara merawatnya sehingga orang tua dan anggota keluarga lainnya tidak ikut tertular? Berikut tips yang dirangkum Dokter Kecil dari berbagai sumber:

Menerapkan protokol kesehatan

Pastikan  Anda selalu memakai masker saat berada di dalam rumah yang sama dengan pasien, rajin mencuci tangan dan membersihkan diri, serta tetap menjaga jarak. Selain itu, jangan menggunakan barang yang sama dengan anak positif Covid-19.

Membatasi mobilitas di luar rumah

Anda diminta untuk tetap di dalam rumah sampai anak dinyatakan sembuh atau negatif. Hal ini berguna untuk mencegah penularan kepada orang lain. Usahakan yang merawat anak hanya satu orang saja. Pembatasan kontak ini bertujuan agar risiko penularan virus corona bisa diminimalkan.

Tidak menggunakan kamar mandi yang sama

Apabila anak masih balita, pertimbangkan untuk pakai sarung tangan saat mengganti popoknya. Jika memungkinkan, anak balita juga harus tidur dan menggunakan kamar mandi terpisah. Namun jika tidak memungkinkan, sebisa mungkin kamar mandi harus sering dibersihkan dengan menggunakan desinfektan.

Sikurlasi udara terjaga

Pastikan agar ventilasi atau sirkulasi udara di rumah tetap terjaga baik. Caranya mudah, setiap hari Anda perlu membuka semua jendela di rumah untuk mendapat pertukaran udara paparan sinar matahari.

Tetap menjaga komunikasi dengan anak

Meski terpisah ruangan dari anak dan tidak bisa bertatap muka secara langsung, komunikasi via video call atau voice call tetap perlu dilakukan. Hal ini guna memastikan anak tidak merasa sendiri dan membuat rasa cemas orang tua jadi berkurang.

Olah raga

Orang tua diminta untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, dan olahraga di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk mengelola stres, dan buat pikiran jadi lebih relaks.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Anak Positif Covid-19? Jangan Panik, Begini Cara Merawatnya di Rumah