14/01/2021 10:12:16
Info Kesehatan

Pandemi Belum Berakhir, Usai Vaksinasi Tetap Jaga Jarak Dulu dan Hindari Kerumunan

Foto: Ilustrasi/Internet

Usai mendapatkan suntik vaksin Covid-19, sebaiknya tidak buru-buru merasa aman untuk bertemu teman dan keluarga. Tetaplah jaga protokol kesehatan dan hindari kerumunan.

Kehadiran vaksin Covid-19 memang memunculkan secercah harapan untuk segera mengakhiri pandemi. Kendati demikian, studi terkait penyebaran infeksi tanpa gejala setelah vaksinasi, masih terus dilakukan.

"Kami belum tahu tentang penyebaran infeksi tanpa gejala (setelah vaksinasi). Studi sedang dilakukan dan saya kira kita akan tahu dalam beberapa bulan," kata kepala petugas medis dari situs web perawatan kesehatan WebMD, Dr. John Whyte, dikutip dari FoxNews.

Pfizer dan Moderna mengatakan bahwa vaksin mereka sekitar 95 persen efektif dalam mencegah orang bergejala Covid-19. Akan tetapi hingga saat ini, tidak banyak bukti apakah suntikan ini akan menghentikan infeksi dan penularan tanpa gejala, yang menyumbang lebih dari setengah dari semua kasus virus Corona, sebagaimana penjelasan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sedangkan Moderna, data uji klinis fase 3 peer-review, yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menjelang Tahun Baru, menunjukkan bahwa vaksin mengurangi infeksi tanpa gejala sekitar dua pertiga. Tetapi para peneliti menyimpulkan bahwa data tersebut tidak cukup untuk menilai infeksi tanpa gejala.

Oleh karena itu, Whyte menyarankan, daripada menghabiskan waktu bersama mereka yang tidak tinggal serumah, sebaiknya tetap menghindari risiko, bahkan jika Anda telah menerima vaksin. Kalaupun ada kepentingan mendesak yang memaksa terjadinya pertemuan dengan orang lain, sebaiknya Anda tetap menggunakan masker untuk melindungi mereka yang tidak divaksinasi, menjaga jarak, dan memastikan waktu pertemuan berlangsung tidak lama.

Whyte juga memperingatkan, vaksinasi tidak bisa sepenuhnya menghilangkan risiko. Karena itu, perlahan-lahan memperluas kelompok yang divaksin adalah strategi yang masuk akal.

"Itu sebabnya kami perlu memvaksinasi sebanyak mungkin orang, secepat mungkin. Bahkan jika Anda telah divaksinasi lengkap, dan orang lain tidak, sementara kalian tetap kenakan masker dan jaga jarak secara fisik, Anda mungkin dapat melakukan beberapa kunjungan singkat, menyadari risiko seseorang yang tidak divaksinasi masih ada,’’ ujarnya. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Pandemi Belum Berakhir, Usai Vaksinasi Tetap Jaga Jarak Dulu dan Hindari Kerumunan