17/02/2021 13:37:11
Info Kesehatan

Catatan WHO Ada 150.000 Anak Terdiagnosa Kanker, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Foto: Ilustrasi/Internet

Momentum Hari Kanker Anak Sedunia yang jatuh pada 15 Februari setiap tahunnya, dapat menjadi pengingat bagi kita semua akan ancaman penyakit kanker terhadap anak. Meski tergolong bukan penyakit menular, kanker merupakan jenis penyakit yang bisa mematikan.

Dari catatan World Health Organization (WHO), jumlah anak yang terdiagnosa kanker setiap tahunnya mencapai 150.000 orang. Sementara, berdasarkan data Childhood Cancer International (CCI), lebih dari 300.000 anak dibawah 18 tahun terdiagnosa penyakit kanker setiap tahun di seluruh dunia.

Dari total penderita kanker, sekitar 80 persen anak tersebut tinggal di negara miskin dan berkembang, termasuk Indonesia. Ini artinya, tingkat kelangsungan hidup mereka hanya mencapai 20 persen.

Studi tentang kasus kanker anak menunjukkan, ada ketimpangan besar. Anak-anak penderita kanker yang tinggal di negara-negara dengan Index Pembangunan Manusia (HDI) rendah dan sedang secara signifikan lebih kecil peluang mendapatkan akses perawatan dan menerima pengobatan yang efektif.

Di sini, peran orangtua amat penting, terutama dalam menjaga kondisi kesehatan sang buah hati. Masih banyak orangtua yang kurang memperhatikan tumbuh kembang sang buah hati dan lalai serta tak menyadari jika anaknya terkena penyakit kanker.

Berikut beberapa cara pencegahan kanker pada anak-anak:

-Hindari bahan makanan dengan pengawet

-Hindari merokok dan juga polusi rokok di dekat anak-anak

-Kurangi asupan garam dan gula

-Menggurangi konsumsi susu sapi

-Jauhkan anak dari polusi di jalan raya

-Hindari konsumsi buah dan sayuran yang mengandung pestisida

-Jaga berat badan anak

-Ciptakan suasana rumah yang menyenangkan

-Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS)

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Catatan WHO Ada 150.000 Anak Terdiagnosa Kanker, Bagaimana Cara Mencegahnya?