08/03/2021 12:23:31
Info Kesehatan

Penyakit Ginjal Bisa Berbahaya Bagi Tumbuh Kembang Anak

Foto: Ilustrasi/Internet

Penyakit ginjal tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalaminya. Jika tidak segera ditangani, penyakit ginjal bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Seperti dilansir dari Alodokter, penyakit ginjal pada anak adalah kondisi ketika organ ginjal anak mengalami kerusakan atau penurunan fungsi. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan anak mengalami penyakit ginjal, mulai dari kelainan bawaan, infeksi, hingga efek samping obat-obatan tertentu atau keracunan.

Berdasarkan kondisinya, penyakit ginjal pada anak terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah penyakit ginjal akut. Penyakit ginjal ini dikatakan akut apabila kerusakan atau penurunan fungsi ginjal terjadi secara mendadak dan tidak melebihi 3 bulan.

Penyakit ginjal akut pada anak yang segera diobati umumnya bisa disembuhkan dan tidak menimbulkan kerusakan permanen pada ginjal. Namun jika penanganannya terlambat atau terjadi kerusakan hingga melebihi 3 bulan, maka ginjal anak bisa rusak lebih parah dan menyebabkan kerusakan menetap pada ginjal.

Beberapa factor yang menyebabkan seorang anak mengalami penyakit ginjal akut diantaranya adalah sebagai berikut:

-Kondisi yang membuat aliran darah ke ginjal berkurang atau berhenti secara tiba-tiba, misalnya kehilangan banyak darah akibat cedera kecelakaan, perdarahan saat operasi, luka bakar parah, dan dehidrasi berat.

-Infeksi, misalnya infeksi saluran kemih dan sepsis.

-Paparan racun dan bahan kimia, seperti merkuri, arsenik, dan timbal.

-Efek samping obat-obatan tertentu, terutama ada obat-obatan yang harus dikonsumsi dalam jangka panjang atau dalam dosis tinggi.

-Kondisi yang menghambat pasokan oksigen dan darah ke ginjal, misalnya henti jantung dan hipoksia.

-Peradangan pada ginjal, misalnya pada sindrom nefrotik dan glomerulonefritis.

Lalu, jenis yang ke-dua adalah penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal pada anak dikatakan kronis apabila penyakit ini berlangsung selama 3 bulan atau lebih. Kerusakan ginjal pada penyakit ginjal kronis bisa terjadi terjadi secara perlahan atau diawali dari penyakit ginjal akut. Kebanyakan kasus penyakit ginjal kronis menyebabkan kerusakan ginjal yang permanen.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak mengalami penyakit ginjal kronis, di antaranya:

-Kelainan genetik, misalnya sistinosis, yaitu kelainan genetik langka yang menyebabkan kerusakan sel ginjal dan sindrom Alport, yaitu kelainan genetik yang menyebabkan gangguan pembentukan organ ginjal, telinga, dan mata.

-Cacat lahir, misalnya anak terlahir dengan satu ginjal atau terlahir dengan dua ginjal, namun hanya satu ginjal yang berfungsi. Penyakit ginjal juga dapat dialami oleh anak yang terlahir dengan ginjal yang letaknya tidak pada tempatnya.

-Penyumbatan di saluran kemih yang bersifat menahun.

-Penyakit ginjal polikistik.

-Penyakit kronis, seperti diabetes, lupus, dan tekanan darah tinggi yang tidak diobati.

-Riwayat penyakit ginjal akut (misalnya sindrom nefrotik dan sindrom nefritis) yang tidak membaik atau terlambat ditangani.

-Terlahir dengan berat lahir rendah atau prematur. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Penyakit Ginjal Bisa Berbahaya Bagi Tumbuh Kembang Anak