24/01/2014 15:26:01

Indonesia Masih Kurang Toilet

Sobat dokterkecil.com, tahukah kamu setiap tanggal 19 November diperingati sebagai Hari Toilet Sedunia. Toilet merupakan sarana tempat manusia membuang hajat itu bisa menjadi alat ukur sehat tidaknya warga dunia.

 

Tidak adanya toilet yang memadai dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, berbagai penyakit dan bahkan kematian karena diare. Sekitar 2.000 anak meninggal setiap harinya di seluruh dunia karena diare yang sebenarnya bisa dihindarkan. Maka, sejak tahun 2001 Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB mencanangkan setiap tanggal 19 November sebagai Hari Toilet Sedunia.
 

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO hingga tahun 2012, sekitar 40% penduduk dunia atau kurang lebih 2,5 miliar orang di dunia tidak memiliki fasilitas sanitasi dan toilet yang layak. Selain itu, sekitar 1,1 miliar orang terpaksa buang air besar dan buang air kecil di tempat terbuka terutama bagi orang yang tinggal di pedesaan. Dari 4 miliar kasus diare, 1,8 juta di antaranya berujung pada kematian setiap tahun. Anak-anak adalah yang paling menderita karena 90 persen atau 1,6 juta orang yang menjadi korban adalah anak-anak berusia kurang dari 5 tahun.
 

Kebiasaan toilet dan kamar mandi basah di Indonesia menyebabkan kelembaban yang mengakibatkan tumbuhnya banyak kuman dan sumber penyakit. Bicara soal toilet bukan hanya sekedar kenyaman saja tetapi harus menjaga dan merawat kebersihannya. Toilet yang bersih belum tentu hygienis, maksudnya bersih dari bakteri, kuman dan sumber penyakit.
 

Nah sobat dokterkecil.com, sudah tahu khan pentingnya toilet bagi kita. jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihannya yaa…

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Indonesia Masih Kurang Toilet