13/04/2021 11:48:33
Info Kesehatan

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa untuk Pertama Kali

Foto: Ilustrasi/Internet

Mengajarkan anak berpuasa Ramadan untuk pertama kalinya merupakan satu tantangan tersendiri. Dari sisi usia, anak-anak memang belum diwajibkan berpuasa, namun tak ada salahnya membentuk kebiasaan tersebut sejak dini.

Nah, berikut tips yang perlu dilakukan orang tua saat mengajarkan anak berpuasa Ramadan untuk pertama kali seperti dilansir dari Halodoc:

Jadilah contoh yang baik

Hal terpenting pertama kali yang wajib dilakukan orangtua saat hendak mengajarkan anak untuk ikut puasa adalah dengan menjadi contoh yang baik. Dengan begini, mereka tidak ragu untuk mempraktikkannya.

Saat menjalankan ibadah puasa, jelaskan kepada anak mengapa harus berpuasa atau tidak makan dan minum. Penting diingat bahwa di usia yang masih muda, anak akan dengan mudah meniru perilaku seseorang di sekitarnya.

Bicarakan semua hal tentang puasa

Saat berpuasa, ingatkan kepada anak bahwa mereka harus berhati-hati tentang bagaimana mereka menghabiskan energinya. Jadi, saat puasa energi akan lebih mudah untuk terkuras dan lebih rentan untuk lemas.

Ingatkan untuk tidak terlalu aktif dan beralihlah ke hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Jelaskan juga manfaat, sejarah, atau berikan buku-buku cerita tentang kisah-kisah keagamaan yang menarik untuknya.

Jangan memaksa untuk puasa penuh

Pastikan orang tua tidak memaksa anak yang baru pertama kali puasa untuk melakukannya seperti halnya orang dewasa. Pada masa-masa awal, pilih jam tertentu dalam sehari untuk anak-anak berpuasa. Misalnya, minta anak-anak Anda berpuasa hingga siang dan kemudian dilanjutkan.

Jika sudah terbiasa geserlah waktu berbukanya hingga ke waktu normal orang dewasa berpuasa. Pastikan juga mereka memiliki makanan bergizi dan seimbang selama sahur dan berbuka. Orang tua juga bisa memberikan anak suplemen makanan untuk menjaga kesehatannya.

Minta anak puasa makanan kesukaannya

Apabila anak sudah terbiasa makan makanan tertentu atau makanan kesukaannya, coba minta mereka untuk menghindari juga makanan tersebut saat berpuasa. Misalnya, jika anak suka makanan ringan, minta mereka untuk tidak memakannya selama jam puasa.

Mengajarkan hal ini ketika anak puasa juga bisa membantu menghilangkan kebiasaan buruk pola konsumsi anak. Selain itu, dengan hal ini mereka juga akan terlatih untuk menghargai makanan.

Beri penghargaan

Mengajarkan anak untuk bepuasa selama Ramadan memang penting. Namun, saat mereka berhasil melakukannya maka penting juga untuk memberikannya apresiasi.

Terlepas dari berapa jam anak sudah puasa atau berapa hari anak sanggup puasa, sebaiknya beri penghargaan kepada mereka. Dengan begini, mereka akan semakin semangat berpuasa.

Orangtua juga tidak harus memberi hadiah, cukup dengan memujinya dan mengatakan bahwa ia adalah anak yang baik dan hebat. Mereka akan senang dan merasa bahwa usahanya dihargai. Alhasil, mereka akan merasa senang dan makin semangat untuk puasa.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Mengajarkan Anak Berpuasa untuk Pertama Kali