14/04/2021 11:33:13
Info Kesehatan

Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis, Waspadai 7 Penyakit Ini!

Foto: Ilustrasi/Internet

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya potensi siklon tropis dalam seminggu kedepan. Sejumlah daerah diprediksi akan dilanda hujan deras, angin kencang dan tanah longsor yang tentunya dapat memicu beberapa penyakit yang patut diwaspadai. Apa saja?

Menurut Louise Ivers, seorang profesor dari Global Health and Social Medicine di Harvard Medical School, penyakit yang biasanya muncul usai peningkatan curah hujan adalah penyakit kolera. Sementara itu Centers for Disease Control and Prevention menyatakan, gangguan kesehatan yang berpotensi menyerang usai cuaca ekstrem diantaranya diare, gangguan pencernaan, dan masalah pernapasan.

Menilik kondisi musim hujan yang disertai badai kali ini, dr.Rio Aditya dari Klikdokter, mengungkapkan sejumlah penyakit  yang berpotensi muncul dan harus diwaspadai, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kolera

Gangguan kesehatan ini muncul akibat dari mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri Vibrio cholerae. Kolera menyebabkan penderitanya diare parah dan muntah-muntah, sehingga bisa menyebabkan dehidrasi atau bahkan kematian.

Diare

Beberapa bakteri penyebab diare, antara lain Shigella dysentria, Salmonella Spp, Compylobacter jejui, Escherichia coli, dan Entamoeba histolytica. Bakteri tersebut menginfeksi saluran usus, menyebabkan tinja cair dan berlendir. Penderita biasanya mengalami buang air besar encer berkali-kali.

Tifus

Diakibatkan oleh infeksi bakteri S. Typhi. Gejalanya berupa demam, sakit kepala, lemah, dan sakit tenggorokan.Sebagian besar kuman sebetulnya mati akibat asam lambung dari saluran pencernaan. Namun, kuman yang masih hidup mampu menginfeksi usus halus dan menyebabkan demam tifoid.

Malaria

Peyakit ini umum terjadi di musim hujan. Disebabkan oleh nyamuk anopheles betina, yang berkembang biak pada air tergenang. Gejala paling sering penyakit ini adalah demam, nyeri otot dan menggigil. Cara terbaik mencegah malaria adalah dengan membersihkan tangki air di rumah sesering mungkin, dan menjaga lingkungan tetap bersih.

Leptospirosis

Penyakit leptospirosis disebabkan oleh infeksi bakteri leptospira. Biasanya disebarkan melalui hewan, seperti tikus, sapi, babi, dan anjing. Di musim hujan, tikus menjadi penyebab paling umum dan harus lebih diwaspadai. Gejalanya menyerupai flu ringan, yaitu menggigil, sakit kepala, dan nyeri otot. Selain itu, penderita juga bisa mengalami mual muntah, dan ruam.

Demam berdarah

Virus dengue penyebab demam berdarah dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini berkembang biak di air jernih tergenang, saat musim hujan. Gejala demam berdarah adalah demam tinggi, trombosit rendah, dan ruam kemerahan di kulit.

Gangguan pernapasan

Selain gangguan kesehatan tersebut di atas, gangguan kesehatan lain yang harus anda waspadai di musim badai ini adalah, gangguan pernapasan, seperti asma, emfisema dan bronkitis. Kondisi ini diakibatkan karena angin membawa semua penyakit yang biasanya terdapat di tanah.

Seperti dilansir dari akun instagram @bpbddkijakarta, BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem akibat munculnya potensi bibit siklon tropis 94W. Durasi cuaca ekstrem di Jakarta akibat bibit siklon tersebut berkisar antara 15-16 April 2021.

"BMKG sebagai Tropycal Cyclone Warning Center mendeteksi adanya Potensi Bibit Siklon Tropis 94W di Samudera Pasifik dari Timur Laut Papua yang berpotensi menguat menjadi siklon tropis dalam seminggu kedepan," tulis BPBD DKI, Selasa (13/4).

Bibit siklon tersebut, tulis BPBD DKI, akan memengaruhi cuaca di bagian utara wilayah Indonesia, khususnya di daerah timur. Potensi ini juga akan dirasakan di DKI Jakarta dengan prediksi hujan lebat hingga sangat lebat dan potensi gelombang tinggi pada 15-16 April.

"Pada tanggal tersebut, potensi hujan disertai kilat/petir diprediksi terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," tulis BPBD.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem angin kencang, hujan lebat dan dampak yang ditimbulkan. "Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tulis BPBD DKI. (*)

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis, Waspadai 7 Penyakit Ini!