14/07/2021 14:13:44
Info Kesehatan

Badan Kurang Bugar Karena Tinggal di Rumah Terus? Coba Perhatikan Masalah Ini!

Foto: Ilustrasi/Internet

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diputuskan pemerintah sejak 5 Juli 2021, mengharuskan masyarakat lebih banyak tinggal di rumah. Akan tetapi, tak sedikit orang yang mengeluhkan badan mereka yang kurang bugar. Apa penyebabnya?

Banyak faktor yang membuat badan menjadi kurang segar sehingga mudah sekali merasa lelah atau mengantuk. Padahal, selama PPKM Darurat, mungkin saja banyak aktivitas yang tidak dilakukan.

Nah, jangan lantas menyalahkan kebijakan PPKM Darurat ya. Sebaiknya perhatikan beberapa masalah berikut yang bisa saja menjadi pemicu ketidakbugaran tubuh Anda sebagaimana dilansir dari Kompas.com!

1. Malas bergerak

Seringkali kita mendengar istilah malas bergerak atau mager. Tapi jangan diikuti ya. Usahakan agar tubuh tetap bergerak. Berolahragalah secara rutin, meski hanya ringan. Sebab, melansir Healthline, kebiasaan mager justru membuat tubuh tidak bertenaga. Akibatnya, kita menjadi mudah lelah.

2. Kurang tidur

Kurang tidur dan tidur tidak berkualitas sama-sama bisa jadi penyebab badan mudah lelah. Masalah tidur ini bisa disebabkan banyak hal. Seperti banyak pikiran, konsumsi kafein berlebihan, jadwal makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur, atau terlalu banyak paparan cahaya terang dari gawai sebelum tidur. Orang dewasa setidaknya butuh tidur selama tujuh jam setiap malam. Jika, kuantitas tidur tersebut tidak terpenuhi, tubuh memiliki utang tidur. Akumulasi atau penumpukan utang tidur ini bisa membuat tubuh gampang capek. Dalam jangka panjang, kondisi ini rentan memicu penyakit kronis.

3. Terlalu stres

Tak hanya masalah fisik, stres tinggi dan gangguan kesehatan mental juga bisa membuat tubuh mudah lelah. Stres dan gangguan kesehatan mental sangat memengaruhi pola tidur. Umumnya, orang yang mengalami tekanan mental menjadi doyan tidur atau susah tidur. Keduanya sama-sama mengganggu pola tidur normal. Dengan terganggunya pola tidur normal, tak pelak tubuh jadi mudah merasa lelah.

4. Kekurangan cairan

Kekurangan cairan juga bisa memengaruhi kebugaran tubuh. Sejumlah studi menyebutkan, minum cukup cairan penting untuk mempertahankan tingkat energi di dalam tubuh. Tanpa energi, tubuh jadi tidak bertenaga. Untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh, konsumsi air putih yang cukup. Jumlah ideal kecukupan cairan seseorang bisa berbeda-beda, tergantung aktivitas, berat badan, sampai usia. Anda bisa merasakan tanda tubuh sedang dehidrasi atau kekurangan cairan. Gejala paling umum antara lain haus, pusing, sakit kepala, dan tidak bertenaga.

5. Terlalu banyak karbohidrat atau asupan manis

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Ketika dikonsumsi, tubuh akan mengubah zat ini menjadi gula. Namun, terlalu banyak asupan tinggi karbohidrat sederhana justru membuat Anda mudah lelah. Saat Anda mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti gula, asupan manis, nasi putih, atau makanan dengan indeks glikemik tinggi, kadar gula darah seketika melonjak lalu kembali turun dengan cepat. Hal itu menandakan pankreas bekerja keras untuk memproduksi insulin untuk mengeluarkan gula dari darah ke tubuh. Naik turunnya kadar gula darah secara drastis itulah yang membuat Anda merasa lelah. Alih-alih mengonsumsi banyak karbohidrat dan asupan manis, coba lengkapi menu Anda dengan banyak makanan tinggi serat seperti sayur dan buah.

6. Kurang kalori

Penyebab badan mudah lelah lainnya yakni kurang kalori. Kalori adalah satuan energi dalam asupan sehari-sehari. Tubuh butuh kalori untuk bergerak, bernapas, menjaga suhu tubuh, dan sebagainya. Ketika kurang kalori, proses metabolisme di dalam tubuh akan melambat. Imbasnya, tubuh jadi mudah lelah. Kebutuhan kalori setiap orang bisa berbeda-beda. Tergantung berat badan, tinggi badan, usia, sampai faktor kesehatan lainnya. Rata-rata orang dewasa dengan aktivitas normal perlu 2.000 kalori per hari. Sedangkan batas bawah kalori agar metabolisme tubuh tidak melambat adalah 1.200 kalori per hari.

7. Kurang protein

Minimnya asupan protein di dalam tubuh juga bisa menyebabkan badan mudah lelah. Pasalnya, protein berperan penting untuk menunjang proses metabolisme. Untuk menjaga proses metabolisme tetap berjalan lancar, coba konsumsi asupan protein yang berkualitas dan rendah lemak. Misalkan telur rebus, daging merah tanpa lemak, ayam tanpa kulit, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

8. Penyakit tertentu

Melansir NHS, penyebab mudah lelah terkadang juga bisa berasal dari penyakit tertentu seperti anemia, kelenjar tiroid kurang aktif, diabetes, sampai depresi. Biasanya, kelelahan terkait penyakit tidak sembuh bahkan setelah seseorang tidur seharian.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Badan Kurang Bugar Karena Tinggal di Rumah Terus? Coba Perhatikan Masalah Ini!