24/01/2014 15:26:02

Musim Hujan, Kasus DBD Meningkat

Sobat dokterkecil.com, Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan penyakit demam akut yang disebabkan oleh virusdengue, yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari nyamuk Aedes aegypti. Di Indonesia DBD bukanlah penyakit baru, meski begitu masih ada beberapa daerah yang memiliki kasus demam berdarah yang cukup tinggi.

 

Demam berdarah adalah penyakit yang lebih sering terjadi di perkotaan, semakin padat jumlah penduduk di suatu tempat maka makin tinggi kasusnya. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, hingga tahun 2011 kasus DBD tertinggi terjadi di 5 provinsi di Indonesia, antara lain Provinsi Jawa Timur dengan jumlah kasus 3.152. Setelah Jawa Timur adalah Provinsi Jawa Tengah sebanyak 2.345, Provinsi Sumatera Utara mencapai 2.066 kasus, Provinsi DKI Jakarta sebanyak 1.954 kasus dan Provinsi Bali dengan jumlah kasus mencapai 1.949.

 

Kasus DBD di Indonesia sepanjang tahun 2009 hingga 2011 sesungguhnya mengalami penurunan. Pada tahun 2009 kasus demam berdarah sebanyak 150 ribu, pada tahun 2010 mengalami penurunan hingga 50 persen yaitu sekita 75 ribu kasus. Dan pada tahun 2011 kasusnya menjadi sekitar 50 ribu. Sementara untuk angka kematian akibat DBD di Indonesia target Kementerian Kesehatan adalah kurang dari 1 persen, saat ini sudah mencapai 0,8 persen dan akan diusahakan bisa mencapai 0,5 persen.

 

Sobat dokterkecil.com, jika demam diusahakan diturunkan dengan kompres dingin, atau pemberian obat penurun panas. Bila mengalami panas tinggi yang berkepanjangan lebih dari 1 hari dan tidak sembuh dengan meminum obat, cobalah mendatangi rumah sakit terdekat dan cek darah.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Musim Hujan, Kasus DBD Meningkat