31/07/2021 15:06:01
Info Kesehatan

5 Alasan Penting untuk Mendapatkan Vaksin Covid-19

Pandemi Coronavirus Disease-19 (Covid-19) masih berlangsung sejak Maret 2020 yang lalu. Berbagai upaya telah dilakukan para ahli kesehatan untuk mencegah dan mengobati wabah ini. Selain menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, & membatasi mobilitas), salah satu metode pecnegahan infeksi yang santer beredar di masyarakat adalah vaksin Covid-19.

Pada praktiknya, pemberian vaksin ini menimbulkan keragu-raguan dari beberapa kalangan masyarakat Indonesia. Alasannya beragam, mulai dari tidak percaya bahwa vaksin akan efektif, takut menghadapi efek buruk dari vaksin, atau bahkan menunggu merk vaksin Covid -19 yang lain.

Kali ini, kita akan membahas 5 fakta penting tentang vaksin Covid -19 yang beredar di Indonesia, yang bisa menjawab keraguan kamu soal vaksin Covid-19.

1.Vaksin Covid-19 telah melalui uji klinis yang tepat

Banyak kekhawatiran muncul perihal produksi vaksin Covid -19 yang dibuat dalam tempo yang singkat. Pasalnya, pembuatan vaksin biasanya melalui tahapan panjang yang membutuhkan durasi 10-15 tahun. Pada era pandemi ini, pembuatan vaksin Covid -19 harus dipercepat karena perannya sangat esensial untuk menurunkan penyebaran infeksi.

Namun kamu tidak perlu khawatir, tahapan yang dilalui dalam pembuatan vaksin ini tetap sesuai dengan kaidah, hanya saja prosesnya yang dipercepat. Tahapan pembuatan vaksin Covid -19 tetap melalui uji preklinis (uji pada hewan coba), uji klinis fase 1 sampai 3, dan sedang dalam uji klinis fase 4. Di Indonesia, vaksin yang beredar telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan obat dalam kondisi gawat darurat era pandemi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). So, tidak perlu khawatir untuk divaksin ya.

2.Vaksin Covid-19 aman

Belakangan ini banyak berita beredar tentang efek samping pasca pemberian vaksin Covid -19. Vaksin adalah zat asing yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia agar dapat merangsang antibodi terhadap Covid-19. Pada beberapa orang, proses ini akan menimbulkan gejala, misalnya pegal-pegal, meriang, dan badan lemah, seperti halnya orang yang terserang infeksi flu. Gejala tersebut tergolong lazim terjadi, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena gejala tersebut kemungkinan besar merupakan respons tubuh manusia yang sedang membentuk antibodi.

Namun apabila terjadi gejala berat, misalnya sesak napas atau pingsan, kamu harus segera berobat ke dokter. Selain itu, jangan lupa pada beberapa orang yang mempunyai riwayat alergi tertentu atau penyakit yang mendasari, pastikan untuk sudah berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk menentukan kelayakan diri untuk divaksin.

3.Vaksin COVID-19 yang beredar di Indonesia mempunyai efektivitas yang baik

Berdasarkan standar World Health Organization (WHO), semua vaksin Covid-19 yang saat ini beredar di Indonesia mempunyai efektivitas yang baik dalam mencegah infeksi Covid-19 yang bergejala. Efektivitas suatu vaksin dalam mencegah penyakit dapat berbeda-beda di tiap negara, bergantung dengan karakteristik orang di daerah tersebut, jenis virus yang beredar, dan lainnya. Saat ini, uji klinis fase 3 di Indonesia sedang berjalan dan sejauh ini hasilnya pun menunjukkan efikasi dan efektivitas yang baik dalam mencegah infeksi Covid-19. Jadi, kamu sudah tidak ragu lagi kan untuk divaksin?

 4.Dengan divaksin, kamu melindungi diri sendiri dan orang di sekitar

Kita harus mengubah pandangan yang menyatakan bahwa jika divaksin maka kita hanya melindungi diri sendiri dari penyakit. Nyatanya, di era pandemi ini, kita mengenal istilah herd immunity atau kekebalan kelompok, yang artinya semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, maka penyakit tersebut akan semakin sulit menginfeksi orang-orang di sekitarnya. Artinya, dengan divaksin, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar kita.

Sama halnya dengan vaksin Covid-19 ini, semakin banyak orang yang divaksin, maka semakin sulit infeksi virus ini menyebar di komunitas kita. Jadi, bila warganet saat ini sudah divaksinasi, maka kamu telah berperan dalam menciptakan imunitas kelompok bersama dengan orang di sekitar yang juga telah divaksinasi.

5.Vaksin Covid-19 difasilitasi resmi oleh pemerintah

Indonesia termasuk salah satu negara yang gencar melakukan vaksinasi Covid-19. Berita baiknya, Covid-19 merupakan program nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah secara sistematis dan bebas biaya, sehingga warganet yang termasuk dalam sasaran program vaksinasi ini, dapat dengan mudah mendaftar di fasilitas kesehatan terdekat dan memperoleh vaksin. Di masing-masing fasilitas kesehatan tersebut, kamu juga akan bertemu dengan tenaga medis yang akan menilai kelayakan untuk divaksin, sehingga efek samping yang tidak diharapkan dapat dipantau.

Nah, setelah warganet membaca hal di atas, apakah masih ragu-ragu untuk divaksin? Pandemi Covid-19 saat ini masih terus mengganas dan memakan banyak korban jiwa. Selain giat menerapkan protokol kesehatan 5M, vaksin merupakan metode yang baik untuk menjaga diri kita dan orang-orang yang kita sayangi. Oleh karena itu, apabila kamu merupakan sasaran utama program vaksinasi Covid-19 pemerintah, jangan tunda ya!

Penulis: dr. Adeline Pasaribu, SpPD.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 5 Alasan Penting untuk Mendapatkan Vaksin Covid-19