24/01/2014 15:26:02

Tamu Mungil di Masa Puber

Sobat dokterkecil.com, siapa yang sudah pernah berjerawat? Biasanya jerawat muncul ketika kita menginjak usia puber atau masa saat mengalami perubahan pada fisik dan psikis hingga usia dewasa.

 

Jerawat adalah pori-pori kulit yang tersumbat dan menimbulkan kantung nanah yang meradang. Hingga tumbuh benjolan merah kecil-kecil di wajah atau benjolan besar-besar yang merata jika sudah sangat parah. Jerawat juga kadang tidak hanya timbul di wajah tapi juga bisa di bagian tubuh yang lain seperti kepala, perut, punggung, dada.

 

Cara mengobati jerawat harus hati-hati karena kalau tidak cocok dengan obat maupun sabun muka maka jerawat akan semain banyak. Dengan munculnya jerawat maka kita terganggu dengan benjolan kecil di muka atau di bagian tubuh lainnya.

 

Berikut cara menghilangkan jerawat:

1.  Madu bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Cara menggunakanya dengan mengoleskan madu pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal tersebut dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air putih hingga bersih.

2.  Kulit Jeruk dan Lemon. Caranya dengan menumbuk kulit jeruk sampai halus kemudian campur sedikit air. Hasil campuran tersebut bisa dioleskan pada bagian yang berjerawat. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya di biarkan hingga 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3.  Mentimun, dengan cara mengiris lalu menempelkan pada bagian yang terkena dan fungsinya untuk untuk memberikan efek sejuk pada bagian kulit yang meradang, setelah 15 menit kemudian cuci dengan air bersih.

4.  Pepaya, caranya blender pepaya sesuai kebutuhan, kemudian oleskan pepaya hasil blender tadi pada wajah selama 20 menit selanjutnya bersihkan dengan air.

5.  Putih Telur baik untuk pengobatan jerawat digunakan sebagai masker. Caranya cukup mudah, siapkan sebutir telur, ambil putihnya dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

 

Nah sobat dokterkecil.com, agar jerawat tidak semakin parah, biasakan mencuci wajah 2 kali serta keringkan wajah dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri menyukai tempat yang lembab dan hangat.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tamu Mungil di Masa Puber