24/01/2014 15:26:02

Waspada Penyakit di Musim Hujan

Sobat dokterkecil.com, musim hujan telah tiba. Pada saat musim hujan, kondisi tubuh bisa menjadi tidak menentu. Jika kondisi kita dalam keadaan menurun, penyakit mudah menyerang tubuh.

 

Penyakit dengan mudah menyerang setiap orang, tidak pandang usia maupun jenis kelamin. Datangnya pun bisa lebih dari sekali dalam setahun, terlebih pada anak-anak. Penyakit yang perlu diwaspadai saat musim hujan seperti penyakit diare, demam berdarah, ISPA, dan penyakit kulit.

 

Penyakit diare sangat erat kaitannya dengan kebersihan. Pada saat musim hujan berpotensi bajir yang berkaitan dengan kebersihan, pada saat banjir sumber-sumber air minum masyarakat khususnya sumber air minum  dari sumur dangkal akan ikut tercemar, sehingga ketersediaan air bersih menjadi terbatas dan potensial menimbulkan penyakit Diare disertai penularan yang cepat.

 

Selain diare, penyakit demam berdarah juga menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai pada saat musim hujan akan banyak genangan air, akan memicu berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti.

 

Penyakit lain yang menjadi perlu kita waspadai adalah leptospirosis. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira dan ditularkan melalui hewan. Di Indonesia hewan yang dapat menularkan penyakit leptospirosis adalah tikus, melalui kotoran air kencingnya. Jika ada orang yang luka, kemudian bermain air banjir yang sudah tercampur dengan kotoran tikus yang mengandung bakteri lepstopira, maka orang lain dengan mudah terinfeksi.

 

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA, yang disebabkan oleh bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utama dari penyakit tersebut dapat berupa batuk, demam, dapat disertai sesak napas, nyeri dada.

 

Pada musim banjir yang menjadi masalah kesehatan lainnya adalah penyakit kulit, berupa infeksi atau alergi, karena kebersihan yang tidak terjaga dengan baik. Seperti pada ISPA, tempat berkumpulnya orang khususnya di pengungsian juga berperan dalam penularan infeksi kulit.

 

Nah sobat dokterkecil.com, untuk mewaspadai penyakit di musim hujan diharapkan kita selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, dan jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Waspada Penyakit di Musim Hujan