24/01/2014 15:26:02

Si Hitam Kaya Manfaat

Sobat dokterkecil.com, siapa yang suka makan buah kurma? Buah dengan ciri khas hitam dan kecoklatan, rasanya sangat manis, dan teksturnya empuk dan biasanya banyak dijual dan dikonsumsi kurma setiap bulan suci Ramadan. 

Namun, buah kurma tidak hanya boleh dikonsumsi saat bulan suci ramadhan lho, buah kurma dianjurkan untuk cemilan sehari-hari. Buah khas timur tengah ini memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan. Bisa dikonsumsi langsung atau menjadikannya sebagai campuran minuman dan masakan.

Berikut khasiat buah kurma bagi kesehatan:

1. Mengatasi sembelit
Buah kurma memiliki efek laksatif, sehingga bisa dimanfaatkan untuk melancarkan buang air besar. Caranya, ambil buah kurma secukupnya lalu rendam dalam cangkir yang berisi air putih lalu diamkan. Keesokan hari, minumlah air rendaman kurma tersebut. Anda bisa meminumnya keesokan pagi. 

2. Menjaga kesehatan mata
Buah kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat.

3. Sumber zat besi
Bagi Anda yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma, karena kurma kaya akan fosfor, mangan dan selenium yang merupakan mineral penting bagi pertumbuhan janin. Kurma merupakan sumber zat besi, selama hamil jika mengkonsumsi ini akan meningkatkan hemoglobin Anda.

4. Mencegah osteoporosis
Banyak orang mengeluh nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Keduanya merupakan masalah yang dipicu rendahnya kadar kalsium. Kurma juga mengandung zat kalsium yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tulang.

5. Mengatasi gangguan pencernaan
Kurma memiliki sejumlah nutrisi, antara lain vitamin B5, serat makanan, vitamin B3, fosfor, lemak dan kalium. Semuanya sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan terutama usus.

6. Menjaga berat badan
Kurma adalah bagian penting dari diet sehat. Camilan manis ini mengandung gula, lemak, protein, dan vitamin esensial.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Si Hitam Kaya Manfaat