24/01/2014 15:26:02

Manfaat Daun Sirih

Sirih atau dalam bahasa latinnya “Piper betle L” , adalah salah satu daun yang paling sering di temukan di Indonesia, dan sudah lama diketahui sebagai tanaman obat untuk berbagai masalah kesehatan.
 

Sobat dokterkecil.com, daun sirih bisa tumbuh membentuk sebuah pohon dan tinggi pohon itu bisa mencapai 15 meter. Batang tanaman sirih berwarna cokelat kehijau – hijauan, bulat, dan memiliki akar yang keluar. Daun sirih memiliki bentuk seperti hati, melengkung, dan memiliki bau yang harum ketika di pencet.
 

Daun sirih mengandung berbagai zat yang sangat bagus untuk kesehatan. Salah satunya ketika kita sudah proses dan diambil minyak essensial dari daun sirih meliputi betIephenol, sesquiterpene, starch, diatase, dan memiliki kemampuan untuk membunuh kuman, anti oksidan dan anti jamur.
 

Berikut manfaat daun sirih bagi kesehatan :
1. Mengobati Mimisan
Ambil 1 helai daun sirih, kemudian gulungkan, dan masukkan ke dalam lubang hidung untuk mencegah mimisan keluar.

2. Mengobati Diare
Ambil 4 – 5 daun sirih dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa. Campur semua bahan menjadi satu dan haluskan, lalu oleskan pada perut.

3. Mencegah Bau Mulut
Daun ini juga bisa menghilangkan bau mulut, yang disebabkan karena adanya ukuman pada gigi dan oral bakteria. Caranya: cuci daun sirih, kemudian kunyah dan biarkan selama beberapa menit di mulut, kemudian buang. Lakukan ini 2 – 3 kali sehari. Cara kedua dengan berkumur. Rebus 5 -6 helai daun sirih dengan 2 cangkir air. Dinginkan, dan gunakan untuk mencuci mulut setip pagi dan malam.

4. Menghilangkan Bau Badan
Ambil 2 -3 daun sirih, kemudian rendamkan dalam 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan gula putih. Biarkan sampai airnya hangat, kemudian minum.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Manfaat Daun Sirih