24/01/2014 15:26:02

Sehatkah Lidah Anda?

Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan.

 

Sobat dokterkecil.com, bagaimana cara membedakan lidah yang sehat dengan yang tidak sehat? Membedakan lidah yang sehat dengan yang tidak sehat bisa dilihat dari warna lidah tersebut. Biasanya warna lidah normal adalah merah jambu.

 

Bila lidah berubah warna seperti di bawah ini kemungkinan menderita beberapa penyakit :

 

1.   Lidah Putih.

Orang yang lidahnya berwarna putih biasanya tampak pada penderita tipus, orang yang pencernaannya terganggu, gejala influenza, atau kurang darah. Jika lidah putih tipis tipis, itu kekurangan darah.

 

2.   Lidah Merah.

Lidah berwarna dari lidah normal sedikit merah, merah cerah lebih buruk, menunjukkan pasien menderita panas.  Bila warna merah sedikit kekuningan, menunjukkan demam tinggi. 

 

3.   Lidah ungu.

Lidah ungu menunjukkan pasien menderita demam dan kelainan darah atau peredaran darah yang tidak lancar. Jika seluruh lidah ungu, menunjukkan sangat panas pada organ dalam. Lidah berbintik ungu, harus memeriksa liver pasien.

 

4.   Lidah kuning.

Menandakan panas tubuh yang berlebihan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol, makanan pedas, mengalami stres emosional dalam jangka panjang, atau akibat merokok.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Sehatkah Lidah Anda?