15/08/2022 11:24:34
Info Kesehatan

4 Tanda Vital Utama Ini Menjadi Parameter Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Foto: Ilustrasi/Internet

Ada empat tanda vital yang dapat dijadikan parameter atau acuan kesehatan, apakah sedang dalam kondisi normal atau sakit. Keempat tanda vital utama itu adalah suhu tubuh, laju pernapasan, denyut nadi, dan tekanan darah.

Keempat tanda vital ini juga digunakan para profesional medis untuk membantu mendeteksi atau memantau masalah medis. Sebab, tanda-tanda vital adalah pengukuran fungsi tubuh yang paling dasar.

1. Suhu tubuh

Mengutip University of Rochester Medical Center yang dilansir Kompas.com, suhu tubuh normal dapat berkisar dari 36,5 Celcius hingga 37,2 Celcius untuk orang dewasa yang sehat. Namun, suhu tubuh normal orang bervariasi tergantung pada jenis kelamin, aktivitas terakhir, makanan/minuman yang belum lama dikonsumsi, waktu, dan adanya siklus menstruasi pada wanita.

Cara mengukur tanda vital ini bisa melalui:

-Oral: suhu dapat diambil melalui mulut menggunakan termometer digital yang menggunakan probe elektronik untuk mengukur suhu tubuh.

-Rektal (dubur): suhu yang diambil secara rektal cenderung lebih tinggi sedikit dari pada saat diminum. Ini lebih sering terjadi pada bayi karena tubuh mereka tidak mengatur suhu, seperti tubuh anak yang lebih besar atau orang dewasa.

-Ketiak (aksila): suhu dapat diambil di bawah lengan menggunakan termometer digital. Suhu yang diambil melalui rute ini cenderung lebih rendah dari pada suhu yang diambil melalui mulut.

-Telinga: termometer khusus dapat dengan cepat mengukur suhu gendang telinga, yang mencerminkan suhu inti tubuh (suhu organ dalam).

-Dengan kulit: termometer khusus dapat dengan cepat mengukur suhu kulit di dahi. Beberapa termometer tidak memerlukan kontak dengan kulit untuk mendapatkan pembacaan suhu.

-Internal: metode ini umum pada orang yang sakit kritis di unit perawatan intensif. Suhu dapat diukur dengan probe yang ditempatkan di kerongkongan, jantung, atau kandung kemih.

Mengutip Cleveland Clinic, ketika tanda vital ini lebih tinggi dari rata-rata seseorang dianggap demam. Demam diindikasikan ketika suhu tubuh naik sekitar 1 derajat atau lebih di atas suhu normal 36,5 Celcius, menurut American Academy of Family Physicians.

Penurunan suhu tubuh di bawah 35 Celcius diartikan sebagai hipotermia. Stres, dehidrasi, olahraga, berada di lingkungan yang panas atau dingin, minum minuman panas atau dingin, dan gangguan tiroid dapat memengaruhi tanda vital ini tidak normal juga.

2. Denyut nadi

Mengutip University of Rochester Medical Center, denyut nadi seseorang diciptakan oleh gelombang darah melalui arteri ketika jantung berdetak. Denyut nadi adalah pengukuran berapa kali per menit lonjakan gelombang darah dapat dideteksi. Dengan mengatahui tanda vital dari denyut nadi ini, kita juga akan mengetahui ritme jantung.

Jika Anda ingin menghitung denyut nadi, berikut caranya:

-Menggunakan ujung jari telunjuk dan tengah, tekan dengan kuat, tetapi lembut pada arteri sampai Anda merasakan denyut nadi.

-Mulailah menghitung denyut nadi saat jarum detik jam berada di angka 12.  Hitung denyut nadi selama 60 detik (atau selama 30 detik dan kemudian kalikan dengan 2 untuk menghitung denyut per menit). Saat menghitung, jangan melihat jam terus menerus, tetapi berkonsentrasi pada denyut nadi. Jika tidak yakin tentang hasil Anda, mintalah orang lain untuk menghitungnya juga.

Denyut nadi orang dewasa yang sehat berkisar antara 60 hingga 100 denyut per menit. Denyut nadi dapat meningkat dan menurun dengan olahraga, penyakit, cedera, dan emosi. Anda wanita usia 12 dan lebih tua, secara umum, cenderung memiliki detak jantung lebih cepat dari pada pria. Atlet, yang melakukan banyak pengkondisian kardiovaskular, mungkin memiliki detak jantung mendekati 40 denyut per menit tanpa masalah.

Mengutip Cleveland Clinic, jika denyut nada Anda tidak normal karena lebih cepat dari rata-rata mungkin penyebabnya bisa meliputi: Infeksi Anemia Kondisi jantung tertentu. Sementara, denyut nadi yang lebih lambat dapat terjadi karena beberapa obat, terutama beta blocker dan digoxin. Detak jantung yang lebih rendah juga umum terjadi pada orang yang banyak berolahraga atau atletis.

3. Laju pernapasan

Mengutip Verywell Health, laju pernapasan mengacu pada jumlah napas yang diambil per menit saat istirahat. Ini adalah salah satu tanda vital termudah untuk diukur, karena Anda hanya membutuhkan jam atau timer. Tingkat pernapasan normal untuk orang dewasa saat istirahat adalah 12 sampai 20 napas per menit.

Tingkat pernapasan di bawah 12 atau lebih dari 25 napas per menit saat istirahat dianggap abnormal. Jika tingkat pernapasan Anda lebih lambat dari umumnya disebut "bradypnea". Sedangkan, jika tingkat pernapasan Anda lebih cepat dan dangkal disebut "tachypnea". Keduanya merupakan tanda-tanda Anda sedang mengalami masalah kesehatan.

Berikut beberap kondisi yang dapat menjadi menyebabkan tanda vital Anda ini tidak normal:

-Bradipnea: penggunaan narkotika (untuk tujuan medis atau rekreasi), alkohol, masalah metabolisme (hipotiroidisme), sleep apnea, kondisi otak tertentu (stroke atau cedera kepala), dan overdosis obat.

-Takipnea: demam, infeksi, dehidrasi, penyakit paru-paru (PPOK, kanker paru-paru, asma), emosi (panik/marah/stres), asidosis (peningkatan keasaman darah), dan overdosis obat.

4. Tekanan darah

Mengutip Cleveland Clinic, tekanan darah mengacu pada kekuatan darah yang mendorong dinding arteri setiap kali jantung berdetak. Setiap kali jantung berdetak, organ ini memompa darah ke arteri. Tekanan darah yang sehat untuk orang dewasa saat istirahat adalah sekitar 120/80 mmHg.

Angka pertama (120 mmHg) disebut tekanan sistolik yang mengukur tekanan di arteri ketika jantung berdetak dan mendorong darah keluar ke tubuh. Angka kedua (80 mmHg) disebut tekanan diastolik dan mengukur tekanan di arteri saat jantung beristirahat di antara detak

 Tanda vital ini tidak normal, jika: Tekanan sistolik 120-139 atau tekanan diastolik 80-89, yang artinya Anda mengalami "prehipertensi" (awal tekanan darah tinggi). Tekanan darah lebih dari dari 140/90 mmHg, yang artinya Anda mengalami "hipertensi" (tekanan darah tinggi).

Penyebab tanda vital ini tidak normal mungkin bisa meliputi stres, merokok, suhu dingin, latihan, kenyang, kandung kemih penuh kafein, konsumsi alkohol, obat-obatan tertentu, menambah atau menurunkan berat badan, dan asupan garam. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 4 Tanda Vital Utama Ini Menjadi Parameter Kesehatan Tubuh, Apa Saja?