24/01/2014 15:26:02

Cara Mencegah Wasir

Sobat dokterkecil.com, jika terkena wasir akan sangat menganggu aktifitas bahkan ketika duduk sekalipun. Kemungkinan penyebabnya berbeda-beda pada anak penderita wasir, bervariasi dari sembelit sampai merusak usus besar yang paling bawah, menyebabkan lama duduk di toilet saat buang air besar karena tegang. 


Wasir pada anak adalah sangat langka, jadi ketika anak memiliki wasir, sangat perlu untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk diagnosa yang tepat. Nah, untuk mencegah agar anak-anak terhindar dari wasir berikut tipsnya:

1.  Konsumsi makanan tinggi serat. Banyak minum air putih dan perbanyak mengonsumsi buah. Jus buah adalah pencahar alami. Air dan buah membuat feses menjadi lebih lunak, sehingga anus tidak bekerja terlalu keras saat eksresi.
2.  Jangan menunda keinginan buang air besar. Lakukan secara teratur bila saatnya tiba. Makan sedikit namun sering dapat membantu penyerapan makanan menjadi lebih teratur.
3.  Jangan terlalu lama duduk atau berdiri karena akan menekan wasir. Jadi, sempatkan berjalan-jalan atau istirahat sejenak untuk mengurangi tekanan pada anus.
4.  Olahraga mengurangi timbulnya wasir. Banyak olahraga/latihan fisik ringan membuat kita haus dan memaksa minum lebih banyak. Hal tersebut akan membuat perbaikan pada metabolisme dan penyerapan menjadi lebih baik dan meningkatkan sirkulasi darah.
5. Proses penuaan pada otot-otot anus menjadi salah satu penyebab timbulnya wasir. Untuk memperkuat otot dasar panggul, lakukan latihan kegel. Latihan ini sangat sederhana, bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Dengan mengerutkan lubang anus seperti proses menahan buang air atau buang angin secara bertahap dan terus menerus membuat otot dasar panggul lebih kencang.
6.  Hindari sabun, bedak, atau tisu basah berparfum. 
7.  Gunakan pakaian dalam berbahan katun yang (agak) longgar agar tubuh lebih nyaman.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Cara Mencegah Wasir