24/01/2014 15:26:02

Besi Putih Tak Berkarat

Sobat dokterkecil.com, perhiasan besi putih yang dijual di banyak toko di Ternate terlihat seperti perhiasan putih biasa. Namun, tahukah kamu, bahwa perhiasan itu berasal dari bangkai kapal Perang Dunia II?

 

Salah satu daerah yang terkenal menjadi pusat kerajinan besi putih adalah Desa Daruba di Morotai. Dulu, Morotai merupakan pusat pangkalan tentara Jepang pada Perang Dunia II, yang kemudian direbut oleh Sekutu. Makanya, di daerah itu banyak ditemukan rongsokan pesawat, kapal laut, dan berbagai peralatan perang. Orang-orang Morotai memanfaatkan bekas peralatan Perang Dunia II itu untuk membuat berbagai kerajinan besi putih.

 

Untuk membuat kerajinan besi putih harus melewati beberapa tahap. Awalnya, besi dipotong sesuai dengan bentuk kerajinan yang diinginkan. Lalu, besi itu ditempa sesuai bentuknya, baru kemudian diamplas.

 

Berbagai benda dihasilkan dari besi putih. Ada peralatan seperti pisau, panci, sendok, juga samurai dan parang. Namun, yang paling favorit adalah cincin, gelang, dan kalung. Kerajinan  tak hanya terkenal di Maluku maupun Indonesia. Namun, diekspor juga hingga ke Singapura, Malaysia, dan Belanda.

 

Sobat dokterkecil.com, meskipun sepintas terlihat seperti besi putih biasa, besi putih dari Morotai mempunyai beberapa keistimewaan. Besi putih ini anti karat dan tidak menimbulkan alergi. Malah, kalau terkena air akan semakin berkilat lho…

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Besi Putih Tak Berkarat