24/01/2014 15:26:02

Tanda-Tanda Pada Anak yang Perlu Diwaspadai, Sebagai Gejala Kekurangan Cairan

Kekurangan cairan atau dehidrasi pada anak seringkali tidak disadari oleh orang tua. Anak biasanya gemar bermain sehingga orang tua menganggapnya ceria tanpa memperhatikan tanda-tanda dehidrasi padanya. Dehidrasi bisa mengakibatkan anak mudah mengantuk, lemas, bahkan berdampak pada kematian.



Cairan merupakan salah satu unsur terpenting bagi tubuh, di samping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Cairan menyusun sebagian besar volume tubuh, yaitu 55 persen pada wanita, 60 persen pada pria, bahkan 75 persen pada anak.


Karena besarnya prosentase cairan dalam tubuh anak, sobat dokterkecil.com perlu mengenali tanda-tanda dehidrasi. Pada anak usia 0 hingga 1 tahun, tanda-tandanya adalah; mulut kering dan bibir pecah-pecah, saat menangis nyaris tidak ada air mata yang keluar, anak tampak mengantuk, lemas, gelisah dan mata cekung, muncul cekungan di daerah ubun-ubun, tangan dan kaki pucat, kencing berkurang dan lebih pekat dan bau, jika sudah dehidrasi berat maka tekanan turgor tubuh menurun sehingga ketika dicubit tidak segera kembali. 


Pada balita, hampir sama gejalanya dengan bayi, yaitu mulut kering dan bibir pecah-pecah, saat menangis nyaris tidak mengeluarkan air mata dan mata cekung, tampak selalu mengantuk, tidak bergairah, lemas, dan rewel atau gelisah, buang air kecil tidak teratur atau di luar frekuensi yang biasa dengan volume lebih sedikit dari biasanya dan warna lebih gelap atau lebih kuning, merasa haus yang tidak seperti biasanya. 


Untuk mengenali dehidrasi ringan atau berat, bisa dilihat dengan cara minum. Jika masih dehidrasi ringan hingga sedang ketika diberi minum, anak minum dengan terburu-buru, namun ketika sudah berat maka malah tidak bergairah ketika diberi minum.


Sobat dokterkecil.com, kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Dehidrasi terjadi karena asupan cairan tidak sebanyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Kebutuhan cairan bagi orang dewasa mencapai 2.000-2.500 ml per-hari, sedangkan pada bayi dan balita mencapai 140-160 ml per kilogram berat badan.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tanda-Tanda Pada Anak yang Perlu Diwaspadai, Sebagai Gejala Kekurangan Cairan