24/01/2014 15:26:02

Cegah Anak Jadi bodoh, Penuhi Gizinya Usia 1 hingga 5 Tahun

Sebagai orang tua, kita tentu ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan tumbuh secara optimal. Asupan nutrisi pada anak mesti dijaga secara teratur. Sebab, kekurangan gizi bisa mempengaruhi pertumbuhan fisik dan otaknya, serta membuat perkembangan anak menjadi tidak optimal.

 

Anak yang perkembangannya sangat lambat disebabkan oleh pembentukan otak maupun tubuhnya tidak baik akibat gizinya buruk. Hal paling penting adalah pemenuhan gizi bayi sejak dalam kandungan sampai berusia lima tahun, dan bila tidak terpenuhi, pertumbuhan otak dan tubuhnya tidak bagus. Anak dengan tubuh pendek, ia mengemukakan, berarti status gizi pada masa lalunya sudah kronis. Namun, sampai usia 18 tahun pun asupan gizi masih penting untuk pertumbuhan fisik anak. Jadi jika tubuh seseorang kurus, hal ini dipengaruhi oleh keadaan gizi pada saat itu.

 

Pemenuhan gizi secara seim­bang sejak kecil hingga dewasa sangat dianjurkan. Sebab, asupan gizi yang tidak seimbang akan membuat tubuh meng­alami gangguan dan berisiko ter­hadap kesehatan. Jumlah karbohidrat, protein, dan serat harus seimbang. Namun, le­mak harus dikurangi ka­re­na­ orang dengan tingkat ko­les­terol tinggi, sebaiknya men­dapat makanan dengan gizi seimbang,.

 

Pakar nutrisi ini menyebutkan, bahwa asupan gizi yang tidak se­im­bang dapat membuat fisiologi tubuh secara otomatis terganggu. Salah satunya, tingginya tingkat koles­terol. Dia juga meng­ingat­kan, bagi anak-anak diusia 12-18 tahun jum­lah kalori yang di­kon­sumsi harus sesuai kebu­tuhan agar pertum­buhan fisiknya optimal.

 

Nah sobat dokterkecil.com, pentingnya gizi dapat meningkatkan kemampuan belajar dan mengikuti pendidikan sampai tingkat tertinggi.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Cegah Anak Jadi bodoh, Penuhi Gizinya Usia 1 hingga 5 Tahun