24/01/2014 15:26:02

Hati - Hati Pizza Ternyata Bisa Bikin Sembelit Lho!

Sobat dokterkecil.com, siapa yang pernah mengalami sembelit? Sembelit adalah keadaan frekuensi buang air besar kurang dari normal dengan waktu lama, kesulitan, dan disertai rasa sakit saat mengeluarkan tinja. Keluhan yang biasa dirasakan berupa perut terasa penuh, tubuh cepat lelah, tinja lebih keras, sulit dikeluarkan, berwarna lebih gelap daripada biasanya, dan jumlahnya lebih sedikit, terdengar bunyi-bunyian dalam perut, lebih sering buang angin yang berbau lebih busuk, mual dan muntah.
 

Banyak hal yang memicu munculnya sembelit antara lain, kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, stres atau depresi dan aktivitas yang cukup padat, pengaruh hormon dalam tubuh misalnya karena menstruasi, kelainan anatomis pada sistem pencernaan, dan gaya hidup dan pola makan yang kurang teratur.


Makanan memang menjadi salah satu faktor pencetus terbesar dari sembelit. Ada beberapa makanan populer yang harus dihindari jika ingin jauh dari sembelit, seperti pizza, burger, biscuit, daging merah, kafein, makanan berminyak seperti goring-gorengan.
 

Sobat dokterkecil.com, untuk mencegah terjadinya sembelit, sebaiknya jangan menunda-nunda buang air besar, konsumsi banyak cairan, sekurangnya 8 gelas sehari, buang air besar secara rutin, dengan waktu yang tetap misalnya saat mandi pagi, berolahraga atau aktif bergerak.

 

Dikutip dari Berbagai Sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Hati - Hati Pizza Ternyata Bisa Bikin Sembelit Lho!