24/01/2014 15:26:02

Kontak Lensa Penyebab Kebutaan

Penggunaan lensa kontak tidak selamanya aman untuk kesehatan mata. Ilmuwan mengungkapkan bahwa mereka menemukan kuman-kuman yang berada pada cairan kontak lensa. Kuman itu menggerogoti bola mata dan bisa menyebabkan kebutaan.
 

Parasit yang ditemukan dan membahayakan mata itu adalah Acanthamoeba. Berdasarkan penelitian, jutaan orang di seluruh dunia diperkirakan berada pada risiko kebutaan, termasuk 3,7 juta pengguna kontak lensa di Inggris. Acanthamoeba adalah parasit yang juga ditemukan di debu, laut, shower, dan juga di kolam renang.
 

Jumlah infeksi aktual sebenarnya kecil, tapi pengobatan yang dilakukan bisa panjang, menyakitkan, serta tidak sepenuhnya efektif. Kuman pada lensa kontak tersebut adalah masalah potensial untuk setiap pengguna lensa kontak hanya sepasang.
 

Penemuan Ilmuwan dari Strathclyde University menjelaskan kuman ada dimana-mana. Bahkan, kuman di mata lebih banyak dari pada kuman di tangan karena mata kita selalu terbuka minimal 16 jam dan kita tidak menyadari kuman yang masuk ke mata baik melalui debu, air, ditambah lagi saat mengucek mata kuman di tangan langsung masuk ke mata.
 

Kuman di mata salah satunya parasit bersel tunggal, mempengaruhi bakteri yang ditemukan pada kontak lensa yang kotor. Ketika lensa dikenakan pada mata, kuman akan memulai memakan bola mata melalui kornea, serta lapisan terluar bola mata. Gejala yang timbul, di antaranya mata gatal, berair, penglihatan kabur, peka terhadap cahaya, pembengkakan kelopak mata atas, hingga rasa sakit yang tidak tertahankan.
 

Pada umumnya kuman meninggalkan jaringan parut yaitu pada kornea merupakan jendela hidup dan jika infeksi menembus menuju lapisan ketiga, dan tersisa jaringan parut, dengan semacam kacamata angin yang sangat dingin. Kebanyakan dari 75 infeksi yang tercatat setiap tahun di Inggris terjadi karena orang gagal mengikuti instruksi yang diberikan dokter mata mereka.
 

Nah sobat dokterkecil.com, untuk menghindari kuman pada lensa kontak, di antaranya adalah menjaga lensa dan penutupnya tetap bersih dan mengganti penggunaan lensa secara regular dan menghindari mengenakan kontak lensa ketika berenang. Dan jika kontak lensa digunakan saat mandi, mata harus ditutup rapat.



Dikutip dari berbagai sumber. 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kontak Lensa Penyebab Kebutaan