24/01/2014 15:26:02

"Mimpi Buruk" Mengancam Rumah Sakit di Amerika Serikat

Sobat dokterkecil.com, di Amerika Serikat ditemukan bakteri yang diberi julukan "mimpi buruk" karena kebal pada antibiotik serta membunuh separuh dari yang terinfeksi menyebar di hampir 200 rumah sakit dan panti jompo di Amerika Serikat.


Menurut pusat pencegahan dan pengendalian penyakit Amerika Serikat atau FDA, sekitar empat persen rumah sakit dan 18 persen panti jompo telah mengobati sedikitnya satu pasien yang terinfeksi bakteriCarbapenem Resistant Enterbacteriaceae  atau CRE pada kurun waktu 6 bulan pertama di tahun 2012.


CRE adalah bakteri mimpi buruk. Antibiotik yang paling kuat pun tidak mempan dan pasien terkena infeksi yang sulit diobati. saat ini ada kesempatan untuk mencegah penyebaran bakteri tersebut. CRE terdapat dalam famili lebih dari 70 bakteri yang disebut enterobacteriaceae, termasuk Klebsiella pneumoniae dan E coli, yang lazimnya hidup di saluran pencernaan. 


Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa jenis bakteri tersebut menjadi kebal pada antibiotik generasi terbaru yang dikenal sebagai carbepenems. Penyebaran bakteri yang tentu cepat sangat membahayakan hidup pasien dan orang sehat.


Kebanyakan pasien yang terinfeksi CRE adalah mereka yang tinggal lama di rumah sakit atau panti jompo. Bakteri ini menginfeksi sirkulasi darah pasien dan dengan mudah menyebar antarpasien lewat tangan para petugas kesehatan.


Sobat dokterkecil.com, munculnya penyakit ini berawal dari penggunaan berlebihan antibiotik. Selain itu, bakteri ini juga mentransfer kekebalan mereka terhadap antibiotik kepada bakteri lain dalam tipe yang sama.


Dikutip dari berbagai sumber. 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
"Mimpi Buruk" Mengancam Rumah Sakit di Amerika Serikat