24/01/2014 15:26:02

Rambut Rontok, Awas Menderita Penyakit Lupus

Jika rambut sering mengalami kerontokan perlu kenali apa yang menyebabkan kerontokan rambut. Jumlah orang mengalami kerontokan rambut dan terancam kebotakan terutama wanita terus meningkat. Di Amerika Serikat diperkirakan 30 juta wanita mengalami penipisan rambut. 


Sobat dokterkecil.com, masalah kerontokan rambut kini banyak diderita wanita muda. Tetapi, apa sebenarnya yang menyebabkan rambut mudah tercabut dari akarnya? Berikut penyebab dan kondisi medis yang menyebabkannya:


Siklus pertumbuhan rambut tak seimbang
Rambut tumbuh sekitar setengah inchi perbulan. Setiap rambut tumbuh dengan fase berbeda yang berlangsung antara 2-6 tahun. Rambut tumbuh dan istirahat sebelum rontok dan folikel rambut menumbuhkan untaian rambut baru. Tetapi ada sebagian wanita yang memiliki faktor genetik sehingga mereka lebih rentan mengalami kerontokan rambut akibat proses pertumbuhan rambut tidak normal yang disebabkan hormon androgen.


Obat-obatan
Beberapa jenis obat memiliki efek samping merontokkan rambut. Namun kondisi tersebut akan berakhir setelah pengobatan dihentikan. Jenis obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut antara lain pengencer darah, obat asam urat, obat kemoterapi, terlalu banyak vitamin A, kontrasepsi, dan obat antidepresan.


Infeksi
Beberapa jenis infeksi, misalnya infeksi jamur di kulit kepala, juga akan menyebabkan kerontokan rambut pada anak-anak. Dengan obat antijamur kerontokan bisa dihentikan.


Kurang gizi
Diet terlalu ketat juga akan menyebabkan kerontokan rambut. Sayangnya mengembalikan pola makan menjadi sehat kembali tak cukup untuk menumbuhkan rambut, meski kerontokannya bisa dihentikan.
 

Gejala Lupus

Gejala awal yang biasanya muncul pada penderita penyakit lupus adalah adanya  kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan. Rambut rontok merupakan tanda-tanda awal penyebab penyakit lupus. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Rambut Rontok, Awas Menderita Penyakit Lupus