24/01/2014 15:26:02

Asap Rokok Picu Gangguan Pendengaran

Sobat dokterkecil.com, bahaya rokok semakin merajalela. Selain menjadi penyebab penyakit kanker, jantung, dan gangguan pernapasan, ternyata rokok juga berdampak buruk pada pendengaran. 

 

Peneliti yang dilakukan asal Amerika Serikat seperti diterbitkan dalam Journal of American Medical Association. Dari 3000 responden penelitian, sebanyak 70 persen diantaranya yang tercatat sebagai perokok menderita gangguan pendengaran.

 

Diketahui risiko gangguan pendengaran meningkat sesuai dengan jumlah batang rokok yang dihisap setiap harinya. Bahan kimia dalam asap rokok mempengaruhi mekanisme konduksi dalam telinga tengah bagian dalam. Tak hanya itu, zat kimia ini dapat pula berpengaruh buruk pada telinga dalam, dan sel rambut yang terdapat pada bagian koklea atau rumah siput. Zat kimia berbahaya yang dimaksud adalah nikotin, yang juga bisa mengganggu sistem kognisi otak.  

 

Sobat dokterkecil.com, perokok berusia 48 hingga 59 tahun terserang gangguan pendengaran sekitar 25.9 persen. Sedangkan pada mantan perokok 22.7 persen. Dan kemungkinan perokok pasif terkena gangguan pendengaran akibar asap rokok sebanyak 1.94 kali.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Asap Rokok Picu Gangguan Pendengaran