24/01/2014 15:26:02

Jaga Kesehatan Ginjal, Hindari Diabetes

Sobat dokterkecil.com, organ yang perlu penting bagi sistem metabolik tubuh, ginjal perlu dijaga kesehatannya. Jika tidak dipelihara dengan baik, ginjal bisa cepat rusak dan mengakibatkan kerusakan saraf, hingga kerusakan kelenjar paratiroid.


Dalam menjaga kesehatan ginjal sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari faktor yang dapat memperbesar risiko dari penyakit ginjal. Pilihan gaya hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum, sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal.


Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal antara lain:


Tetap beraktivitas dan olahraga
Beraktivitas yang dimaksudkan yakni melakukan aktivitas fisik. Aktiflah bergerak dan juga olahraga untuk tetap menyehatkan tubuh termasuk ginjal Anda. 


Menjaga kadar gula darah
Penyakit diabetes salah satu faktor risiko dari penyakit ginjal, maka kita perlu menjaga konsumsi gula dalam tubuh.


Tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi yang terus meningkat selama lima tahun terakhir. Tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35 persen.  


Konsumsi makanan sehat
Makanan yang mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet juga dapat mengganggu kesehatan ginjal, maka kita perlu menyeimbangkan dengan banyak meminum air putih.


Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Sobat dokterkecil.com, dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih.


Jauhi rokok
Rokok telah lama dikenal sebagai pemicu dan faktor risiko berbagai penyakit berat, termasuk penyakit ginjal.




Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Jaga Kesehatan Ginjal, Hindari Diabetes