24/01/2014 15:26:02

Hari Ginjal Sedunia, Jangan Abaikan Ginjal

Sobat dokterkecil.com, organ ginjal memang tidak sepopuler jantung atau otak yang sering diulas dalam kesehatan. Masih banyak orang belum peduli dengan kesehatan organ yang berperan penting dalam sistem metabolik tubuh. 


Kesehatan ginjal memang jarang menjadi perhatian, bahkan orang yang mengidap penyakit ginjal biasanya baru terdeteksi ketika sudah berada pada stadium lanjut. Gejala penyakit ginjal jika masih stadium awal biasanya tidak terlalu terlihat, biasanya oorang baru sadar ketika sudah parah.
 

Kesehatan ginjal tak boleh dipandang sebelah mata, karena fungsinya sangat penting bagi kesehatan. Komplikasi dari kesehatan ginjal yang terganggu pun banyak, dari mulai penyakit kardiovaskuler, diabetes, hingga pengeroposan tulang. Ginjal merupakan filter dari tubuh, fungsi utamanya adalah untuk membersihkan racun dan mengeluarkan limbah dari darah.


Penyakit ginjal yang dapat disembuhkan misalnya batu ginjal, jika faktor pencetusnya sudah dihilangkan maka fungsi ginjal akan normal kembali. Sedangkan penyakit ginjal yang tidak dapat disembuhkan seperti penyakit ginjal kronis, fungsi ginjal sudah tidak dapat normal kembali.


Sobat dokterkecil.com, untuk penyembuhan penyakit ginjal dengan pengobatan secara teratur dan menjalani pola hidup sehat.
 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Hari Ginjal Sedunia, Jangan Abaikan Ginjal