24/01/2014 15:26:02

Daun Bawang, Si Kaya Manfaat

Sobat dokterkecil.com, sudah pada tahu khan khasiat bawang putih sebagai antibiotik alami mungkin sudah banyak yang tahu. Tapi, bagaimana dengan khasiat daun bawang?


Daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Daun bawang bisa biasa digunakan untuk masakan martabak telur, sebagai bagian dari sup, atau sebagai bumbu tabur soto.


Namun dibalik kegunaannya dalam masakan, daun bawang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain: 


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat utama yang dihasilkan dari daun bawang adalah bagian bawahnya yang berwarna putih juga mengandung allicin, yang merupakan senyawa belerang yang memberikan aroma tajam pada daun bawang tersebut. Senyawa belerang inilah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Sebagai antibakteri
Warna hijau yang terlihat dari daun bawang tersebut mengandung anti bakteri dan anti peradangan sedangkan pada bagian putihnya memiliki sifat yang dapat melindungi tubuh Anda dari segala macam infeksi.


Kaya akan zat besi
Penderita anemia sebaiknya mengkonsumsi sayuran ini karena daun bawang mengandung banyak sumber zat besi. Daun bawang mengandung protein ferroportin yang membawa zat besi ke dalam dan luar sel. Zat besi juga membantu tubuh meningkatkan tekanan darah.


Baik untuk jantung
Daun bawang juga terkenal menyehatkan untuk jantung. Daun bawang memiliki bayak manfaat karena mengandung banyak mineral. Mineral yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk mempertahankan kadar kolesterol  baik dalam tubuh.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Daun Bawang, Si Kaya Manfaat