24/01/2014 15:26:02

Tinggi Anak Badan Pengaruhi Kecerdasan?

Sobat dokterkecil.com, bagi beberapa orangtua kondisi tubuh anak yang pendek tidaklah menjadi masalah yang serius. Padahal, anak yang bertubuh pendek bisa salah satu tanda bahwa anak mengalami kekurangan gizi. Bahkan hasil penelitian menunjukkan tingkat kecerdasan anak pendek lebih rendah dibanding kecerdasan anak yang memiliki tinggi badan normal.
 

Menurut penelitian tahun 1991, bahwa rata-rata anak normal memiliki skor kecerdasan sekitar 105, sementara anak pendek hanya memiliki skor sekitar 90. Menurut ahli gizi masyarakat, peningkatan kecerdasan anak yang lebih pendek dapat dilakukan dengan pemberian susu dan menstimulasi anak. Ada banyak cara untuk menstimulasi anak, antara lain dengan rajin diajak bicara atau diajak bermain. Makin banyak orang yang menstimulasi maka anak akan makin cerdas.
 

Selain itu, anak berusia 5 tahun memiliki tinggi badan 110 cm. Pada tahun 2010 di Indonesia tercatat rata-rata tinggi badan anak laki-laki usia 5 tahun lebih rendah 6,7 cm dari tinggi seharusnya. Sementara anak perempuan kurang 7,3 cm dari tinggi normalnya.
 

Kondisi anak pendek bisa berakibat fatal bagi produktivitasnya saat dewasa nanti. Untuk menekan laju pertumbuhan anak pendek diperlukan pemeliharaan gizi yang tepat pada saat hamil hingga anak berusia dua tahun.
 

Sobat dokterkecil.com, selain pemenuhan gizi pangan, ada beberapa hal lain yang tak kalah penting yakni pemberian ASI eksklusif, makanan bergizi, serta imunisasi.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tinggi Anak Badan Pengaruhi Kecerdasan?