24/01/2014 15:26:02

Lima Langkah Mudah Atasi Anak Gagap

Gangguan bicara gagap atau terbata-bata sering dianggap remeh. Padahal gangguan ini sering dialami nak-anak yang berusia antara 2 sampai 5 tahun. Anak-anak yang mengalami gangguan ini akan kesulitan mengulang kata atau kalimat tertentu.

 

Bila anak menunjukkan gejala tersebut sebaiknya segera konsultasikan dengan ahli terapi bicara. Sobat dokterkecil.com bisa mengatasi gagap dengan langkah sederhana sebagai berikut:

 

 

1. Berbicara di depan cermin

Cara berbicara di depan cermin baik sekali untuk mengatasi gagap. Mintalah anak untuk membaca beberapa kalimat dengan keras di depan cermin. Sebaiknya praktikkan metode ini tiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

 

2. Baca buku

Latih anak membaca buku sejak dini. Usahakan anak membaca dengan suara keras karena teknik ini akan mengajarkan cara bernapas yang baik pada anak. Pada anak yang mengalami gagap biasanya memiliki masalah pernapasan saat berbicara atau membaca.

 

3. Bernapas dengan benar

Untuk mengatasi masalah gagap pada anak diperlukan latihan menghirup dan menghembuskan napas secara rutin. Teknik ini bisa membantu anak berbicara dengan kecepatan sedang dan terarah.

 

4. Terapi pidato

Terapi ini berguna untuk menambah kepercayaan diri anak agar bisa mengatasi kegagapannya, bahkan terapi ini juga bisa menambah ketrampilan anak dalam berbahasa.


5. Yoga

Yoga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik dan psikis saja. Kegiatan ini juga disarankan bagi anak-anak dan orang dewasa yang mengalami masalah gagap. Saat dalam kondisi tegang atau khawatir anak-anak akan mulai gagap karena merasa takut. Yoga bisa membuat mental menjadi lebih baik, lebih santai, dan menjaga suasana hati tetap bahagia.



Dikutip dari berbagai sumber. 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Lima Langkah Mudah Atasi Anak Gagap