24/01/2014 15:26:02

Hati-Hati, Air Putih Tidak Selalu Aman Dikonsumsi

Seperti yang sobat dokterkecil.com ketahui, bahwa air memiliki peran penting bagi tubuh manusia. Salah satu manfaat air bagi tubuh kita adalah sebagai pengganti ion tubuh, karena setelah menjalani berbagai aktivitas yang melelahkan tentu banyak energi yang hilang dalam tubuh. Maka dari itu, air sangat dibutuhkan sebagai pelepas dahaga yang baik bagi kesehatan tubuh kita.
 

Berdasarkan fakta, sekitar 60 % tubuh kita terdiri dari cairan. Cairan dalam tubuh memiliki fungsi masing masing diantaranya adalah sebagai proses pencernaan, penyerapan sari makanan, dan masih banyak lagi. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air, karena bisa dibayangkan apa yang akan terjadi bila sampai kekurangan asupan air dalam tubuh kita.
 

Mengingat pentingnya air dalam kehidupan, maka kandungan dalam air perlu diperhatikan untuk membuat tubuh tetap sehat. Air dalam kondisi tertentu mengandung zat nitrit yaitu terjadinya pencemaran zat organik yang berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah kondisi air yang sebaiknya tidak diminum:
 

1. Air yang dibiarkan mendidih terlalu lama
Air dengan kondisi seperti ini memiliki kandungan logam berat dan zat berbahaya (nitrit) yang tinggi. Mengonsumsi air dengan kondisi ini dalam jangka waktu lama dapat mengganggu fungsi lambung dan usus. Kandungan zat berbahaya yang tinggi pada air dapat membuat tubuh kekurangan oksigen.
 

2. Air yang dimasak kembali
Air seringkali dimasak kembali untuk tujuan membuatnya hangat. Namun, ini justru membuat kadar nitrit meningkat karena adanya penguapan kembali. Penumpukan nitrit di dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan.
 

3. Air yang sudah disimpan lama.
Air yang sudah lama disimpan tanpa diminum akan menyebabkan gangguan kesehatan karena mengandung zat yang bersifat toksik. Zat ini dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga dapat memperlambat pertumbuhan bagi anak dalam masa pertumbuhan. Sedangkan pada orang dewasa dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan dan lambung.
 

4. Air yang tidak dimasak
Air yang tidak dimasak memiliki kecenderungan mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu air dengan kondisi seperti ini jika berasal dari ledeng memiliki kandungan klorin yang cukup tinggi akibat proses pemurnian. Pemasakan air hingga suhu mendidih yaitu 100 derajat Celcius dapat menghilangkan zat ini karena adanya penguapan.
 

5. Air sisa mengkukus
Air yang sudah digunakan untuk mengkukus memiliki kandungan nitrit yang tinggi, selain itu 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Hati-Hati, Air Putih Tidak Selalu Aman Dikonsumsi