24/01/2014 15:26:02

Mengkudu Tak Hanya Atasi Kanker

Khasiat mengkudu atau pace sudah banyak diteliti para ilmuwan. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa buah mengkudu memiliki banyak kandungan zat yang baik bagi kesehatan tubuh. Mengkudu mengandungan xeronine yaitu zat organik yang mampu menetralisir berbagai penyakit seperti gula darah, kolesterol, bahkan kanker.

 

Berikut khasiat mengkudu bagi kesehatan:

 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sari buah mengkudu dapat merangsang produksi yang berfungsi melawan penyakit yaitu sel T. Selain itu mengkudu mampu meningkatkan fungsi kelenjar timus dan kelenjar tiroid yang berguna untuk melawan infeksi dan masalah-masalah yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

 

2. Menormalkan Tekanan Darah
Mengkudu memiliki kandungan sejenis fitonutrien, yakni zat yang bermanfaat melebarkan saluran pembuluh darah yang menyempit. Kondisi ini membantu jantung untuk tidak bekerja terlalu keras dalam memompa darah sehingga menormalkan tekanan darah. Zat dalam mengkudu (scopoletin) dapat bekerjasama dengan makanan yang berfungsi untuk pengobatan lainnya dalam mengontrol tekanan darah tinggi menjadi normal.

 

3. Melawan Tumor dan Kanker
Para peneliti juga menemukan damnacanthal yang merupakan zat anti kanker yang terdapat dalam mengkudu. Zat ini mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Mengkudu dapat bekerjasama dengan zat lain dalam menghambat aliran darah menuju ke sel-sel tumor.

 

4. Menghilangkan Rasa Sakit
Khasiat buah mengkudu sebagai zat penghilang rasa sakit sudah dikenal sejak dulu. Banyak riset yang telah membuktikan manfaat mengkudu untuk mengatasi rasa sakit. Kandungan zat lain dalam buah mengkudu dipercaya berperan penting dalam menghilangkan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit otot saraf dan nyeri sendi adalah Xeronine. Xeronine mampu menormalkan protein sel-sel yang abnormal termasuk sel-sel jaringan otak yang merupakan sumber rasa sakit.

 

5. Mengatasi Peradangan dan Alergi
Senyawa scopoletin dalam mengkudu merupakan zat yang efektif sebagai anti-radang dan anti-alergi. Banyak kasus yang menunjukkan keberhasilan pengobatan pada penderita alergi, arthritis dan carpal tunnel syndrome dengan menggunakan scopoletin. Selain itu, sari buah mengkudu juga dapat mengurangi batuk pada penderita asma.

 

6. Anti-bakteri
Akar mengkudu mengandung senyawa yang disebut antraquinon yang mampu melawan bakteri staphylococcus, bakteri yang mengakibatkan infeksi pada jantung serta bakteri shigella yang mengakibatkan desentri. Tak hanya itu saja, mengkudu juga bersifat anti-bakteri terhadap E. Coli, Bacillus sutilis, serta beberapa jenis bakteri Salmonella.



Dikutip dari berbagai sumber. 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Mengkudu Tak Hanya Atasi Kanker