24/01/2014 15:26:02

Tips Cerdas Agar Anak Tidak Muntah Saat Minum Obat

Sobat dokterkecil.com, ketika anak-anak sakit biasanya sangat sulit untuk minum obat. Bahkan sering kali anak langsung muntah dan obat yang susah payah dimasukan ke mulut anak jadi terbuang sia-sia.
 

Penyebab anak muntah ketika diberi obat karena rasa obat yang pahit atau obat yang sangat kental bisa membuat anak kesulitan menelan obat. Nah, jika anak langsung muntah setelah diberi obat maka obat harus diberikan kembali setelah 15 menit. Sementara dosis obat yang diberikan harus sama dengan dosis obat sebelumnya. Tetapi, bila anak muntah dalam jangka waktu 30 menit setelah obat diberikan, maka pemberian obat tidak perlu diulangi.
 

Agar anak tidak memuntahkan obat, sebaiknya berikan obat sedikit demi sedikit, dan jangan memberikan obat secara sekaligus. Tambahkan air putih pada obat dalam bentuk puyer atau sirup yang kental agar obat lebih encer dan mudah ditelan anak. Saat memberikan obat, anak dalam posisi duduk dan kepala lebih tinggi dari badannya.
 

Jika anak susah minum obat, sobat dokterkecil.com jangan memaksa memasukan obat ke mulut anak dengan menutup hidungnya, karena membuat anak tersedak ketika obat masuk ke dalam mulut.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tips Cerdas Agar Anak Tidak Muntah Saat Minum Obat