24/01/2014 15:26:02

Obesitas Bisa Akibatkan Kebutaan

Sobat dokterkecil.com, hingga saat ini obesitas menjadi ancaman yang serius bagi anak-anak. Berdasarkan penelitian terbaru di Amerika mengindikasikan, beberapa anak yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko peningkatan masalah pada otak yang dapat menimbulkan kebutaan.
 

Orang dengan obesitas akan mengalami peningkatan tekanan di sekitar otak atau disebut sebagai hipertensi intracranial idiopatik yang tidak disebabkan oleh penyakit lainnya. Gejala yang muncul di antaranya sakit kepala, penglihatan kabur, mual, dan gerakan mata yang abnormal. Penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan, jika tidak didiagnosis dan diobati segera.
 

Menurut data dari para peneliti, 900.000 anak-anak usia 2-19 tahun dan mengidentifikasi 78 kasus hipertensi intrakranial idiopatik. Sebanyak 85 persen pasien dengan kondisi tersebut adalah perempuan berusia 11-19 tahun, hampir setengah di antaranya berkulit putih dan 73 persen kelebihan berat badan atau obesitas.
 

Dibandingkan dengan anak yang memiliki berat badan normal, risiko tersebut 16 kali lebih tinggi pada anak-anak obesitas, 6 kali lebih tinggi pada anak-anak cukup gemuk, dan 3,5 kali lebih tinggi pada anak-anak kelebihan berat badan.
 

Obesitas mungkin disebabkan oleh beberapa jenis penyakit. Beberapa penyakit kelenjar endokrin mengakibatkan kelenjar ini melepaskan terlalu banyak hormon ke dalam aliran darah. Kelebihan hormon mengganggu pusat makanan dan kepuasan di dalam otak. Dengan demikian obesitas dapat disebabkan oleh kerusakan pusat-pusat tersebut yang disebabkan oleh infeksi, kecelakaan atau tumor.
 

Sobat dokterkecil.com, untuk mengontrol obesitas konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program penurunan berat badan secara ekstensif. Nasihat seorang ahli gizi juga sangat bermanfaat. Seorang penderita obesitas mungkin membutuhkan bantuan seorang Psikiater terutama jika dia masih muda dan diganggu oleh perasaan bersalah, putus asa, atau merasa tidak berharga. Perawatan kejiwaan dapat membantu menghilangkan perasaan-perasaan tersebut sehingga obesitas tersebut dapat ditangani secara medis.



Dikutip dari berbagai sumber. 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Obesitas Bisa Akibatkan Kebutaan