24/01/2014 15:26:02

Duduk Terlalu Lama Bikin Stroke

Sobat dokterkecil.com, gumpalan darah yang tersengkut di pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit Deep Vein Thrombosis (DVT) adalah suatu kondisi medis, terjadi adanya gumpalan darah sehingga menghambat bahkan menutup  sirkulasi darah.

 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan DVT, seperti terlalu lama duduk atau tidur yang dapat menghambat aliran darah melalui pembuluh darah. Jika sirkulasi darah yang tidak lancar dapat  menganggu organ tubuh lainnya, seperti:

 

Otak

Gumpalan darah yang bergerak sampai ke otak bisa menyebabkan stroke. Darah yang membeku bisa menekan jaringan otak. Akibatnya aliran darah ke otak terhambat dan bisa menyebabkan kejang-kejang, kelumpuhan, sakit kepala, dan kebutaan.

 

Paru-paru

Bergeraknya gumpalan darah ke paru-paru bisa menyebabkan empoli paru-paru.  Anda akan mengalami sesak napas dan nyeri di dada yang muncul secara tiba-tiba akibat empoli paru-paru. Parahnya, gangguan ini bisa merusak jaringan paru-paru.

 

Jantung

Sirkulasi darah ke seluruh tubuh bisa berhenti bila darah yang membeku  berkembang di salah satu arteri. Hal ini bisa mengakibatkan munculnya serangan jantung yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang parah di belakang dada dan bisa menjalar ke lengan kiri.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Duduk Terlalu Lama Bikin Stroke