24/01/2014 15:26:02

Tujuh Tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh

Pertumbuhan gigi pada bayi berbeda-beda, biasanya saat usia antara 4 hingga 6 bulan. Namun, ada bayi yang pertumbuhan giginya lebih cepat dan bahkan agak lama. Orang tua tidak bisa memprediksi secara tepat kapan gigi bayi mulai muncul.

 

Nah sobat dokterkecil.com, berikut beberapa tanda yang menunjukkan gigi bayi akan mulai tumbuh, antara lain:

1.   Mengeluarkan air liur

Pertumbuhan gigi bisa merangsang pengeluaran air liur. Kondisi ini biasa dialami oleh bayi usia 10 minggu sampai usia 3 atau 4 bulan.


2.   Batuk

Air liur yang terlalu banyak juga bisa membuat bayi tersedak dan batuk. Bila anak batuk-batuk tanpa disertai gejala flu, pilek, maupun alergi mungkin bisa jadi ini pertanda bahwa anak Anda akan tumbuh gigi.


3.   Bayi Sering Menggigit

Tekanan gigi yang akan keluar melalui gusi biasanya mengakibatkan bayi sering menggigit sesuatu. Bayi akan melampiaskan rasa tidak nyaman di gusinya dengan menggigit mainan, jari, atau puting susu ibu saat sedang menyusui.


4.   Rewel

Rasa sakit yang ditimbulkan saat gigi menekan gusi bisa membuat bayi menjadi rewel. Mungkin bayi hanya akan rewel beberapa jam tapi ada juga bayi yang akan terus rewel hingga beberapa hari bahkan minggu.


5.   Tidak nafsu makan

Mulut bayi yang terasa sakit dan tidak nyaman membuat mereka menjadi kurang nafsu makan. Bahkan menghisap susu saja dapat membuat gusi sakit. Oleh karena itu, bayi akan menolak bila diberi makanan padat atau susu saat giginya mulai tumbuh.


6.   Demam ringan

Saat gigi tumbuh, kekebalan tubuh akan menurun dan bayi lebih mudah terinfeksi. Demam ringan biasanya disebabkan peradangan pada gusi. Jika demam tidak reda dalam 3 hari, segera hubungi dokter.


7.   Kesulitan tidur di malam hari

Rasa nyeri saat tumbuh gigi akan berlangsung sampai anak akan tidur di malam hari. Hal ini akan membuat bayi menjadi kesulitan untuk tidur. Bila anak sulit tidur di malam hari sebaiknya jangan diatasi dengan menyusui sebab malah akan membuat gusi bayi makin sakit dan mengganggu tidur.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tujuh Tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh