24/01/2014 15:26:02

Perlukah Tubuh Mengkonsumsi Suplemen Vitamin?

Vitamin merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk mengatur fungsi metabolisme dalam tubuh, perbaikan sel dan mencegah penuaan dini. Vitamin A, D, E, dan K larut lemak, sedangkan B dan C larut dalam air.

 

Akibat stress, perubahan pola makan serta lingkungan yang makin berpolusi, kadar vitamin dalam tubuh pun berkurang. Kondisi ini memengaruhi kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh menurun. Untuk mengatasinya banyak orang yang mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen. Suplemen adalah nutrisi yang ditambahkan kala tubuh membutuhkannya untuk proses metabolism.

 

Namun, jika tubuh tidak membutuhkan suplemen dan kita tetap mengkonsumsinya, maka akan terjadi kelebihan sehingga suplemen tidak lagi aman bagi tubuh. Efek mengkonsumsi suplemen vitamin yang berlebihan di seperti, kelebihan suplemen vitamin A bisa berisiko rapuh tulang, nyeri pada persendian, sakit kepala, kelelahan, rambut rontok. Kelebihan suplemen vitamin B3 bisa merusak lever, kelebihan suplemen vitamin B6 bisa merusak saraf, kelebihan suplemen vitamin E menyebabkan diare dan sakit kepala.

 

Sobat dokterkecil.com, agar tetap mendapatkan manfaat mengkonsumsi suplemen sebaiknya, perhatikan manfaat produk, komposisi, dosis per hari, konsumsi suplemen vitamin di pagi hari. Bila pola makan baik, tak perlu konsumsi suplemen.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Perlukah Tubuh Mengkonsumsi Suplemen Vitamin?