24/01/2014 15:26:01

Tips Merawat Mata

Sobat dokterkecil.com, pasti ingin memiliki mata yang sehat bukan?

Untuk itu mengapa tidak kita rawat mata kita sejak dini? Simak tips merawat mata:

 

1. Jika di luar ruangan, kita bisa memakai kacamata hitam dan topi agar mata kita terlindung dari sinar matahari.

 

2. Selain wortel masih banyak lagi makanan yang baik untuk mata. Seperti mangga yang mengandung betakaroten serta vitamin C dan E atau ikan laut yang merupakan sumber decosahexaenoid (DHA) yang berperan penting untuk kesehatan mata.

 

3. Pastikan tangan kita bersih. Biasakan mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Infeksi pada mata dapat dimulai dengan tangan yang tidak bersih. Gunakan saputangan yang bersih atau tissu untuk membersihkan mata.

 

4. Jangan membaca buku sambil tidur-tiduran karena itu menyebabkan mata cepat lelah.

 

5. Ketika menonton TV, sebaiknya jarak antara mata ke TV adalah 5 x Panjang Diagonal Layar. Contohnya, untuk TV 14 inch, jarak amannya adalah sekitar 1.75 meter. Untuk 20 inch, sekitar 2.5 meter dan seterusnya.

 

6. Melakukan senam mata sederhana seperti mata berkedip untuk meringankan stres. Berkedip membantu melumasi mata. Cobalah untuk menutup mata selama 5 menit untuk enjadi rileks dan mengurangi ketegangan mata. Melihat sesuatu yang hijau akan sangat baik untuk mata.

 

7. Setelah istirahat yang cukup, cuci mata kita dengan air dingin untuk mengurangi ketegangan mata.

 

8. Seperti halnya gigi, mata pun berhak mendapatkan pemeriksaan berkala. Periksakan mata kita ke dokter mata paling tidak 6 bulan sekali. Nah, sobat dokterkecil.com, tidak sulit bukan merawat mata, agar senantiasa sehat. Ingat, mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tips Merawat Mata